5 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Bisa Kamu Coba untuk Menambah Penghasilan

Mau bangun bisnis harus modal gede? Ah, enggak juga loh. Selain modal dengkul dan otak, kita bisa saja pakai modal dana yang dimulai dari nominal kecil. Kalau kamu punya tabungan Rp5 juta saja, ada kok usaha modal 5 juta yang bisa kamu jajal dan mulai.

Zaman sekarang tinggal pinter-pinternya kita saja dalam menyiasati keadaan. Kadang kita berpikir ya, kalau mau untung besar, ya modal mesti gede juga. Ya, ini pemikiran yang bisa dibilang nggak selalu betul sih. Mindset bahwa pancingan akan besar ketika umpan juga besar, itu betul. Tetapi, untuk bisnis, ini nggak selalu berlaku. Buktinya banyak juga bisnis dengan modal besar yang mengalami kebangkrutan di tengah jalan, sedangkan bisnis-bisnis modal kecil malah beromzet ratusan juta bahkan miliaran.

Semua terletak di tangan kita, sebagai pemilik bisnisnya. Pada dasarnya, setiap kesuksesan bisnis bukan hanya tergantung pada modal, tetapi juga strategi dan inovasinya.

Jadi, mau mulai dengan uang “seadanya”, yang berjumlah Rp5 juta itu? Bisa saja. Berikut beberapa ide usaha modal 5 juta yang bisa kamu coba.

5 Ide Usaha Modal 5 Juta

1.Bisnis snack kering

Bisnis kuliner adalah bisnis yang nggak ada matinya. Semua orang butuh makan, dan ada yang nggak bisa terus menerus masak. So, bisnis makanan jadi ini bakalan terus ada, bahkan perkembangan dan pergerakannya sangat cepat.

Untuk mulai bisnis kuliner, juga nggak butuh modal terlalu besar. Ini adalah jenis bisnis yang bisa dimulai dari kecil. Kalau kamu mau usaha modal 5 juta, bisnis kuliner bisa jadi salah satu alternatif yang pas.

Masalahnya: bisnis kuliner apa yang modalnya cukup 5 juta saja? Banyak. Salah satu yang bisa kamu coba adalah bisnis snack kering. Yang perlu kita siapkan adalah source untuk kulakan snack kering dalam grosir, lalu kita re-pack dalam paket-paket yang lebih kecil

Untuk modal, kamu hanya butuh:

  • Plastik kemasan, atau bentuk kemasan lain yang cantik--yang bisa meningkatkan nilai.
  • Sealer (vacum), kira-kira seharga Rp200.000 - Rp650.000 tergantung merek, kualitas, dan ukuran.
  • Timbangan, kira-kira seharga Rp250.000.
  • Berbagai camilan kering dengan harga kiloan, taruhlah kamu bermodal Rp2.000.000 - Rp3.000.000 untuk stok awal.

Variasikan snack atau camilan yang akan kamu jual. Perhatikan tempat penyimpanannya, jangan terkena matahari langsung dan lembap. Beri label yang menarik, kalau perlu desain secara khusus. Bekerja samalah dengan aplikasi ojek online, supaya menjangkau lebih banyak pasar.

2.Bisnis bantal karakter

Salah satu usaha modal 5 juta yang bisa kamu coba lainnya adalah bisnis bantal karakter. Bantal ini adalah bantal multifungsi, enggak hanya digunakan untuk tidur, tetapi bisa dipakai untuk aksesori mobil, aksesori ruang tamu, tambahan di kamar anak, suvenir, dan sebagainya.

Modal awal yang kamu butuhkan antara lain:

  • Mesin bordir sekitar Rp1.500.000
  • Mesin jahit sekitar Rp 3.000.000
  • Jarum, benang, dan peralatan lainnya Rp500.000

Tentu saja, kamu harus survei sendiri, karena biaya di atas bisa jadi berbeda di kotamu. Yang paling penting untuk diperhatikan adalah penyimpanan baik stok barang jadi ataupun bahan bakunya.

Bantal adalah barang yang rentan terhadap lembap. Begitu juga bahan-bahan bakunya, seperti kain, dakron (isi bantal), dan sebagainya. Jadi, pikirkan cara terbaik penyimpanan agar semua aman ya.

3.Bisnis rendang kemasan

Siapa yang nggak suka rendang? Ada sih pasti, tapi banyak orang suka banget--bahkan menggemari--makanan khas Padang satu ini. Rendang ini bahkan jadi makanan paling disukai di seluruh dunia loh, sempat ada di list most favorite food of the world yang dikeluarkan oleh CNN internasional.

Kamu juga bisa mencoba bisnis rendang kemasan yang pas banget jadi usaha modal 5 juta. Rendang kemasan ini praktis, bisa dibawa ke mana-mana, bisa jadi alternatif oleh-oleh, dan awet sampai berbulan-bulan.

Modal awal yang dibutuhkan:

  • Peralatan memasak sekitar Rp500.000
  • Peralatan kemasan sekitar Rp1.000.000
  • Bahan baku rendang Rp2.500.000

Yang harus diingat, rendang kamu harus benar-benar dimasak kering agar lebih awet meskipun tidak menggunakan pengawet. Memasak rendang butuh ketelatenan tingkat tinggi, tapi kalau memang kamu punya kemampuan untuk ini, nggak ada salahnya sama sekali dicoba. Laba bisnis ini konon bisa jutaan banget kalau memang pengelolaannya baik.

4.Bisnis patchwork dan quilt

Buat kamu yang memang punya skill crafting level advanced, dan suka memanfaatkan potongan-potongan kain, kamu bisa mencoba usaha modal 5 juta satu ini. Bisnis patchwork dan quilt.

Dengan teknik yang tepat, kamu bisa menyulap potongan-potongan kain jadi produk bernilai jual tinggi, mulai dari selimut, seprai, korden, bed cover, dan sebagainya. Cuannya? Lumayan banget.
Salah satu jenis kerajinan yang berasal dari Eropa ini ada lantaran orang-orang di sana butuh sesuatu untuk melindungi diri mereka dari suhu dingin. So, sisa-sisa kain dibuat sedemikian rupa sehingga lebih besar dan tebal, yang akhirnya mampu menahan hawa dingin di sana.

Di Indonesia, sepertinya bisnis ini belum banyak ditekuni. So, ini bisa jadi peluangmu untuk menjadi pemain besar di jenis usaha ini.

Modal yang kamu butuhkan antara lain:

  • Rottary cutter, mat, ruler, jarum, benang, dan peralatan lainnya sekitar Rp 700.000
  • Mesin jahit sekitar Rp3.000.000
  • Berbagai macam kain Rp1.000.000

Kain yang dipakai biasanya adalah kain katun Jepang, yang punya tekstur halus dan mampu menyerap air dengan baik. Tapi, kamu juga bisa mencoba jenis kain yang lain. Kamu bisa mendapatkan kain-kain ini lebih murah jika bisa menemukan source yang menjual kain-kain kiloan.

5.Bisnis produk home decor

Produk home decor juga selalu laris dicari. Apalagi jika memang kamu punya taste yang bagus untuk mengendus tren gaya penataan rumah yang ada. Misalnya saja, saat artikel ini ditulis, gaya interior Skandinavia, Shabby Chic, dan Boho sedang banyak penggemarnya. Kamu bisa mengarahkan produk-produk home decor yang kamu buat ke gaya-gaya ini supaya lebih laris dibeli.

Tentukan jenis produk yang hendak kamu jual, karena produk home decor itu banyak sekali jenisnya. Kalau masih di tahap awal, sebaiknya kamu fokus saja dulu. Nantinya, kamu bisa mengembangkan produk ke yang lainnya sesuai dengan permintaan pasar.

Misalnya saja, untuk awal ini, kamu fokus menyediakan seprai dan sarung bantal dulu.

Modal yang kamu butuhkan untuk tahap awal ini di antaranya:

  • Mesin jahit sekitar Rp3.000.000
  • Peralatan dan printilan jahit lainnya Rp200.000
  • Beragam kain katun, dakron, dan sebagainya sebagai bahan baku Rp1.500.000

Pilihlah motif kain yang sesuai dengan gaya interior yang kamu targetkan. Misalnya, kalau kamu pengin jual nuansa Shabby Chic, maka perbanyak dominasi warna-warna pastel pada pemilihan kainnya. Jika Boho, ya sesuaikan juga warna dan motif yang cenderung earthy dan natural.

Nah, gimana? Cukup memantik ide kan? Kamu masih bisa menemukan ide usaha modal 5 juta lainnya juga dari beberapa inspirasi di atas. Selamat bersemedi ya, dan semoga bisnismu sukses!