Beberapa Macam Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Orang semakin sadar akan pentingnya memiliki penghasilan cadangan, terutama ketika mereka sudah merasakan betapa susahnya untuk menjalani masa-masa karantina mandiri, PSBB, dan segala macam kondisi terkait pandemi corona yang baru lalu, sehingga beberapa bisnis modal kecil untung besar pun dilirik.

Kamu mungkin juga sudah jadi ‘korban’ untuk beberapa bisnis kecil yang tiba-tiba muncul, dari teman-temanmu, atau tetanggamu, yang tiba-tiba saja mereka jual ini itu, menawarkan jasa ini itu. Padahal, kamu tahu sebelumnya mereka kerja kantoran, dan cukup sibuk bahkan untuk jualan.

Kondisi kadang memang menuntut kita untuk beradaptasi. Sementara sebagian dirumahkan, sebagian yang lain berkurang penghasilannya, sebagian yang lain lagi memang pengin punya bisnis sendiri meski mulai dari modal kecil, tapi kalau bisa sih ya dapat cuan gede.

Ya, kendala utama yang biasanya menghambat seseorang untuk bisa mulai usaha sendiri adalah pada modal. Tapi ya seperti teman-temanmu atau tetanggamu, sebenarnya kita selalu bisa kok memulai bisnis kita sendiri dengan modal kecil. Nggak perlu kuat dan besar langsung.

Berikut beberapa ide bisnis modal kecil untung besar yang mungkin bisa kamu coba dan bisa kamu lakukan dari rumah.

1. Online shop fashion

Bisnis online merupakan salah satu sektor yang sangat bertumbuh di masa pandemi hingga sekarang. Banyak produk yang bisa di-bisnis online-kan, tapi kalau kamu pengin mulai dari yang paling ‘mudah’ dulu, kamu bisa mulai dari fashion. Yes, jualan baju. Mulai dari jualan baju bayi, anak-anak, remaja, ibu-ibu, bapak-bapak, sampai big sizes atau small sizes untuk melayani orang-orang dengan karakter khusus.

Tentu saja, kamu harus menemukan supplier atau source yang tepat dulu ya. Pastikan produk yang kamu jual berharga kompetitif, up to date gayanya, dan maksimalkan pada kemasan supaya bisa mengangkat value produknya sendiri.

2. Bikin frozen food

Frozen food juga bisa jadi peluang bisnis modal kecil untung besar selanjutnya yang bisa kamu coba. Banyak produk frozen food yang bisa kamu coba bisniskan, misalnya nugget (dengan aneka bahan), kaki naga, daging ayam, sapi, dan sebagainya; juga camilan beku, seperti risol, lumpia, dan lainnya.

Kamu bisa produksi sendiri jika memang punya keterampilan khusus memasak, atau jadi reseller. Cari informasi lebih lanjut ya, produsen yang membuka peluang bagi reseller untuk bergabung.

3. Aneka kue kering dan basah

Aneka kue kering dan basah, yang bisa kamu jual melalui WhatsApp atau bergabung dengan aplikasi ojek online, bisa jadi ide bisnis modal kecil untung besar berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan.

Lumayan juga loh cuannya kalau memang kamu mau mencoba bisnis ini.

4. Aneka minuman

Boba, thai tea, jus, hingga kopi juga menjadi satu produk tren yang banyak dicari dan dibeli belakangan ini.

Kalau kamu pengin coba peluang bisnis ini, pastikan kamu juga menyediakan layan antar supaya bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Bergabung dan bekerja samalah dengan aplikasi ojek online untuk memudahkan penjualan. Atau kamu juga bisa membuat aplikasi sendiri.

Jangan lupa juga untuk membuat akun media sosial dan encourage pelangganmu untuk berbagi tentang produkmu di akun media sosial mereka. Lumayan tuh, marketing ‘gratis’.

5. Aneka dessert box

Satu lagi yang lagi tren sekarang, yaitu bisnis dessert box. Berbagai macam menu dessert box yang bikin ngiler bisa kamu tawarkan melalui WhatsApp, media sosial, atau juga di aplikasi ojek online.

Berinovasilah dan ciptakan berbagai resep baru, kalau perlu. Supaya produkmu berbeda dengan yang sudah ada sekarang. Riset terhadap kompetitor, agar kamu bisa mencari celah di mana kamu bisa lebih stand out dibandingkan yang lain.

6. Bisnis laundry

Bisnis laundry sebenarnya merupakan ide bisnis modal kecil untung besar yang sudah lawas, tapi bisa banget kamu coba juga.

Memang akan butuh modal yang cukup untuk membeli mesin cuci dan printilan lain, tetapi relatif tetap tidak begitu besar. Kamu bisa mulai dari satu mesin cuci dulu. Sambil mengumpulkan modal lagi, kamu bisa mengembangkan bisnis ini menjadi lebih besar seiring waktu.

7. Jualan pulsa, kuota, dan printilannya

Orang mana yang sekarang enggak punya handphone dan nggak butuh internet? Semua orang butuh, apalagi ketika lebih banyak hal sekarang dilakukan secara online.

So, bisnis jualan pulsa, kuota, dan printilannya ini bisa jadi ide peluang bisnis modal kecil untung besar berikutnya yang bisa dicoba untuk kamu lakukan dari rumah. Tetangga kanan kirimu bisa jadi target pasar pertama, apalagi jika belum ada yang jualan pulsa di sekitarmu. Sekalian kamu juga nyetok printilan aksesori handphone. Siapa tahu bisa laku juga kan?

8. Jasa fotokopi, printing, dan pengetikan

Jasa fotokopi, cetak print, dan pengetikan ini juga merupakan bisnis kecil yang selalu berpeluang laku karena memang banyak orang butuh. Apalagi jika di sekitarmu banyak orang kantoran atau mahasiswa.

Yang butuh perhatian lebih dalam bisnis ini adalah masalah perawatan mesin fotokopi sih. Agak-agak tricky. Tapi, jika memang kamu punya sumber daya untuk melakukannya, bisnis ini bisa mendatangkan cuan yang lumayan banget setiap bulannya.

9. Pom mini

Kalau dulu, jualan bensin eceran hanya bisa dilakukan dengan kulakan dengan jeriken terus dimasukkan ke botol-botol literan lalu dijual di pinggir jalan. Sekarang, ada pom mini yang bisa kamu dapatkan dengan modal yang relatif kecil.

Bisnis ini akan cuan kalau daerahmu SPBU-nya sedikit, atau lokasimu berada di tengah kampung. Pastikan harga bensinmu jangan terlalu tinggi dari harga standar.

10. Home decor handmade

Jika kamu punya source yang cukup untuk memproduksi sendiri berbagai macam aksesori rumah, kamu juga bisa mencoba berjualan berbagai pernak-pernik home decor ini. Bahannya bervariasi, mulai dari kekainan, kekayuan, serat alam jika memungkinkan, dan bahan lainnya.

Banyak orang yang tiba-tiba jadi punya hobi baru untuk menghias rumah selama pandemi corona kemarin, terbukti dengan meningkatnya omzet para pebisnis home decor. Kamu juga bisa mencoba peluang bisnis modal kecil untung besar satu ini.

11.Katering khusus bayi

Banyak ibu yang butuh bantuan untuk mengurus bayinya karena berbagai alasan. Menjual makanan khusus bayi bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan juga loh!

Bagikan daftar menu makanan bayi harian sesuai paket dan harga yang sudah kamu tentukan. Usahakan untuk berganti menu setiap hari, dan pakailah bahan-bahan makanan premium yang sehat. Berbekal pengetahuan gizi bayi yang cukup, kamu pasti bisa mengolah menu makanan bayi ini dengan baik.

12. Kursus online

Hadirnya berbagai aplikasi webinar atau call conference sekarang ini--yang menawarkan kemudahan untuk bertemu secara virtual dengan mudah dan gratis--juga bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis modal kecil untung besar.

Apa keahlianmu? Menguasai bahasa tertentu? Mengapa tak dimanfaatkan untuk membuka kursus online untuk penguasaan bahasa tertentu? Bahasa Korea, bahasa Inggris, sampai Mandarin, semua juga laku.

Atau buka kursus atau les privat untuk anak-anak yang bisa dijalankan secara online?

Oh iya, jadi ingat. Seorang teman yang kini sedang cuti kuliah ternyata malah sukses mencari penghasilan dengan menjadi pendamping anak-anak sekolah online di rumah. Orang tua yang harus bekerja setiap hari di kantor jadi lebih tenang, karena tetap ada yang mendampingi anak-anak untuk sekolah di rumah.

Hmmm, jeli juga ya menangkap peluang? Kamu juga bisa coba jika memang ada ‘demand’ terhadap profesi ini di sekitarmu.

13. Salon panggilan

Masih banyak orang untuk enggan bepergian selama pandemi corona belum berakhir. Karenanya, coba tawarkan jasa salon panggilan jika memang kamu punya keahlian di bidang ini, terutama untuk gunting rambut. Mengingat begitu banyaknya orang mencoba menggunting rambut sendiri selama masa karantina mandiri kemarin, dan berakhir gagal, ide bisnis modal kecil untung besar ini sepertinya patut juga untuk dicoba.

Pastikan kamu memiliki alat yang cukup, dan juga mematuhi protokol kesehatan ketika sedang bekerja ya.

Nah, gimana? Apakah ada ide bisnis modal kecil untung besar di atas yang menarik untukmu mencobanya? Yang penting, mulai saja dulu. Sembari jalan, kamu bisa belajar banyak hal dari usahamu untuk membangun bisnis kecilmu ini.

Semangat ya!