Menghasilkan Uang dari Facebook, Simak Cara Jitu Ini!

3 Like

Facebook menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Sampai sekarang, jumlah pengguna aktifnya mencapai sekitar lebih dari dua miliar per bulan! Karenanya, Facebook pun menjadi salah satu media sosial yang tidak boleh terlewatkan sebagai target pasar. Bahkan, sudah banyak yang dapat menghasilkan uang dari Facebook.

Menghasilkan uang dari internet memang sedang menjadi tren tersendiri. Jika dahulu Facebook hanya dijadikan sebagai media sosial untuk saling berteman dan bertukar kabar, saat ini media sosial besutan Mark Zuckerberg ini juga dimanfaatkan untuk mendapatkan uang.

Nah, bagi kamu yang ingin menghasilkan uang dari Facebook, beberapa cara berikut ini bisa kamu coba.

Beberapa Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

Berjualan di Grup Facebook

Grup Facebook dikenal efektif sebagai tempat jualan. Cara ini juga sangat mudah dan paling banyak dilakukan untuk menghasilkan uang dari Facebook.

Kamu bisa ikut bergabung pada grup atau forum jual beli terlebih dahulu. Ada banyak banget grup jualan seperti ini di Facebook, mulai dari grup jualan barang elektronik, sepeda, hingga pakaian. Kamu bisa mencarinya dengan mengetikkan kata kunci grup di kolom pencarian, maka akan ada banyak grup hasil pencarian yang muncul.

Pilihlah grup yang paling banyak membernya, lebih bagus lagi jika pengikut grup tersebut aktif. Peluang untuk mendapatkan uang dari Facebook tentu saja akan semakin besar sejalan dengan tingkat keaktifan member yang berada di grup tersebut.

Membuat Fanpage Facebook

Fanpage juga merupakan salah satu fitur yang juga sering digunakan untuk melakukan bisnis online di Facebook. Pasalnya, membuat fanpage khusus toko online dapat membuat bisnis seseorang terlihat lebih profesional dan terpercaya.

Pada fanpage toko online Facebook tersebut, kamu bisa menjual barang jualan secara reselling ataupun dropship tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Monetisasi Fanpage Facebook

Monetisasi Fanpage juga merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari Facebook dengan memanfaatkan iklan in stream. Iklan in stream ini merupakan sebuah iklan pendek yang bisa dimasukkan pada konten video kamu, mirip seperti iklan di Youtube.

Kamu bisa monetisasi fanpage tersebut dengan topik apa pun selama tidak bertentangan dengan peraturan Facebook. Tapi, pastikan bahwa video yang kamu posting di Facebook adalah video yang original agar monetisasi tidak gagal karena terjadi pelanggaran hak cipta.

Selain itu, video yang dibuat juga harus relevan dengan topik fanpage, kamu bisa memancing diskusi dan engagement hingga video menjadi populer, sehingga iklan dapat dilihat oleh banyak orang yang sejalan dengan pendapatan yang lebih banyak pula.

Tapi, ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum memasang iklan in stream, yaitu fanpage harus memiliki minimal 10.000 pengikut dan video yang diposting harus menghasilkan 30.000 tayangan dari 60 hari terakhir. Pastikan kamu memahami syarat lainnya terlebih dahulu untuk monetisasi.

Mengelola Akun Facebook

Mengelola akun ini juga lazim dilakukan bagi sebagian orang untuk bisa menghasilkan uang dari Facebook, bahkan ada yang menjadikannya sebagai pekerjaan full time untuk sebuah perusahaan.

Untuk menjadi admin Facebook yang baik seperti ini, tentu saja kamu harus memiliki skill komunikasi yang baik. Tenang, ini bisa dilatih dan bukan sekadar bakat saja. Jika kamu punya keahlian lebih untuk mengelola akun Facebook, seperti tahu seluk beluk Facebook Ads, misalnya, maka kamu bisa menghasilkan uang dari Facebook dengan menjadi seorang Social Media Specialist.

Menjadi Influencer

Tak hanya di Instagram, kamu juga bisa menjadi seorang Influencer di Facebook, dan menghasilkan uang dari Facebook.

Caranya hampir sama dengan media sosial, kamu hanya perlu membuat sebuah konten unik dan kreatif untuk bisa diposting di Facebook secara rutin.

Banyak loh artis yang “nyambi” menjadi influencer di Facebook. Cristiano Ronaldo, salah satunya. Secara rutin, bintang sepakbola dunia kelahiran Portugal ini memposting konten original mengenai dirinya di fanpage pribadinya sebagai cara untuk membangun personal branding. Alhasil, ada banyak sponsored content juga wira-wiri di fanpage tersebut.

Jika personal branding yang dimilikinya sudah kuat, maka tawaran untuk endorse atau undangan menjadi bintang iklan tentu akan berdatangan. Pendapatan yang ditawarkan pun bisa sangat besar.

Melakukan Live Streaming Game

Sering melihat live streaming game di Facebook? Ya, cara ini sering dilakukan sebagai cara menghasilkan uang dari Facebook. Bahkan saat ini Facebook juga memiliki fitur baru yang diberikan khusus untuk para gamer yang ingin melakukan streamer atau live streaming.

Fitur yang ada di Facebook untuk live streaming pun tergolong mudah untuk digunakan. Tak heran jika banyak juga para streamer yang mendapatkan gaji saat bermain game melalui live streaming.

Live streaming game di Facebook bahkan diprediksi dapat mengalahkan tingkat kepopuleran di Youtube. Kamu bisa mendapatkan gaji saat bermain game dan live streaming dengan mengumpulkan banyak penonton. Semakin banyak yang menonton, maka semakin banyak pula gaji yang akan diterima dari Facebook.

Demikianlah uraian mengenai cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari Facebook.

Facebook memang menjadi salah satu media sosial yang dikenal dengan pengguna aktifnya yang beraneka ragam. Semua yang dibutuhkan ada di Facebook, termasuk untuk mendapatkan uang dari internet sekalipun. Selamat mencoba!

Share It

Comments(0)

Leave a comment