Menghasilkan Uang dari Tiktok, Coba 5 Cara Ini!

4 Like

Tren penggunaan Tiktok saat ini sedang naik daun. Bagaimana tidak? Mulai dari yang muda sampai yang tua menggunakan platform ini sebagai media untuk menghasilkan video-video pendek yang kreatif. Semua mendadak bisa menjadi seorang creator video dengan fitur yang disediakan oleh TikTok. Menghasilkan uang pun jadi bertambah alternatifnya dari TikTok.

Apa Itu TikTok?

TikTok sendiri merupakan aplikasi media sosial yang berbasis video pendek dengan dilengkapi berbagai efek dan fitur backsound yang bisa dipilih sesuka hati. Saking kreatifnya, penggunanya bahkan banyak yang menjadikan media ini sebagai sampingan cara menghasilkan uang.

TikTok dinilai sebagai aplikasi yang dapat menghilangkan kejenuhan sambil berkarya. Mendadak semua orang menjadi content creator yang kreatif hingga mahir menari atau mengikuti gerakan-gerakan yang sedang tren di TikTok.

Tercatat popularitas TikTok di Indonesia sudah mulai ada sejak tahun 2016. Kemunculannya pun tidak langsung diterima oleh pemerintah, melainkan harus melalui kontroversi bahkan sempat di-banned juga oleh pemerintah Indonesia. Meskipun pada akhirnya, di tahun 2019 lalu, aplikasi ini kembali bisa diakses dan menunjukkan eksistensinya di tanah air, yang lantas melahirkan banyak para content creator hingga artis papan atas melalui aplikasi ini.

Tak heran jika akhirnya banyak yang menggemari dan menggunakan aplikasi ini. Pasalnya TikTok dapat menghasilkan uang, sama seperti media sosial lainnya. Banyak content creator dari luar negeri hingga Indonesia yang sudah membuktikannya.

5 Cara Menghasilkan Uang dari Tiktok

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghasilkan uang dari TikTok.

Sponsor atau Endorse

Sponsor atau Endorse menjadi salah satu cara menghasilkan uang di Tiktok yang banyak dilakukan oleh para content creator. Penghasilan dari cara ini juga terbilang besar. Tapi, kamu perlu "modal" yang cukup, berupa sejumlah followers, like, dan tayangan video yang ditonton oleh ribuan orang.

Pencapaian jumlah followers dan viewers video inilah yang nantinya menjadi salah satu patokan sebuah perusahaan, agency, hingga pebisnis untuk menawarkan sponsor post dalam konten video TikTok yang dibuat.

Beberapa orang telah menjadikan cara ini sebagai penghasilan utama, karena nominalnya juga sangat menjanjikan, sampai mencapai jutaan rupiah lo! Tapi, memang tergantung dari statistik akun TikTok yang kamu miliki, semakin besar followers dan viewers, semakin besar pula uang yang didapatkan.

Menukar Gift dari Fans

Menjadi content creator di TikTok, apalagi memiliki banyak fans, kamu bisa menukarkan gift item dari para fans dengan uang tunai dalam bentuk dolar minimal senilai 100 USD.
Cara ini juga dikenal dengan istilah payout koin. Kamu harus mengundang atau menunggu event tertentu terlebih dahulu untuk mendapatkan banyak koin. 

Payout koin ini bisa dijadikan sebagai pelengkap saja karena sebenarnya untuk menghasilkan uang dari redeem koin seperti ini terbilang cukup lama effort-nya, sampai bisa ditukarkan dengan uang.

Tapi, tentu saja cara ini juga menjadi salah satu yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari TikTok. Anggap saja cara ini merupakan iseng-iseng berhadiah. Kamu hanya perlu berusaha menggaet banyak orang untuk mendapatkan banyak koin pula.

Menjual Akun

Bagi beberapa orang, TikTok bisa menjadi ladang uang dengan menjadi “peternak akun”. Untuk bisa menghasilkan uang dengan cara ini dibutuhkan kreativitas yang cukup tinggi karena harus memastikan setiap akunnya bisa mengundang banyak followers, like, serta engagement dengan statistik yang bagus.

Seseorang dapat menjual akun TikTok yang dimilikinya pada peminat untuk digunakan berbagai macam kepentingan. Hal ini sah-sah saja dilakukan selama tidak melanggar aturan yang sudah ditentukan. 

Untuk mendapatkan uang yang lumayan besar, pastikan akun yang dijual juga memiliki data statistik yang besar pula agar menarik pembeli.

Membuat Agency

Membuat agency juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang dari akun TikTok. Kamu hanya perlu menjadi jembatan antara content creator dengan para klien. Syaratnya, kamu harus sudah paham terlebih dahulu dengan cara kerja para influencer TikTok mendapatkan uang.

Tidak perlu harus menjadi agency yang besar, kamu bisa memulai agency digital kecil-kecilan dengan beberapa tim yang mengatur marketing, branding, hingga tim kreatif penghasil konten.

Selama TikTok masih menjadi aplikasi yang banyak digunakan, peluang mendapatkan uang dari bisnis ini tentunya masih sangat terbuka lebar. Tinggal kamu yang pintar-pintar melihat peluang untuk mendapatkannya.

Membuka Jasa Pengelola Akun

Kamu bisa menawarkan jasa pengelola akun TikTok dari brand, perusahaan, hingga selebgram atau influencer yang tidak memiliki waktu untuk mengelola konten. Cara ini sangat lazim ditemukan.

Umumnya, cara menghasilkan uang dari TikTok ini lebih dibutuhkan oleh para pebisnis yang ingin brand mereka bisa terkenal. Pasalnya, TikTok menjadi salah satu aplikasi yang memiliki penyebaran yang terbilang cepat untuk menjadi konten viral dan diketahui banyak orang.

Jika kamu perhatikan, pasti akan selalu ada konten dari TikTok, khususnya yang viral berada di media sosial lainnya, mulai dari Instagram, Facebook, hingga Twitter. Hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan mengapa TikTok bisa digunakan untuk membangun sebuah brand.

Penghasilan yang didapatkan dari mengelola akun pun terbilang lumayan besar, tapi juga tergantung dari seberapa banyak pengalaman kamu dalam mengelola akun TikTok sebelumnya. Semakin kreatif, semakin bagus.

Itulah cara yang bisa kamu coba untuk menghasilkan uang dari TikTok. Pada dasarnya kamu hanya perlu menjadi kreatif untuk terus menghasilkan konten-konten video yang menarik perhatian banyak orang.

Hanya dengan video beberapa detik saja, di TikTok sebuah konten viral bisa langsung menyebar ke berbagai media sosial lainnya. Menarik bukan?

Semakin bagus data statistik yang didapatkan dari like hingga viewers video, maka semakin tinggi peluang untuk mendapatkan uang dari TikTok. Selamat mencoba!

Share It

Comments(0)

Leave a comment