10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Populer Tahun 2021

3 Like

Saat ini menghasilkan uang tidak hanya terbatas pada pekerjaan yang dilakukan dari pagi sampai petang saja, atau bahkan perlu begadang semalaman dulu baru mendapatkan tambahan uang lembur dari kantor. Mengapa demikian? Karena ada banyak cara mendapatkan uang yang tak terbatas pada waktu dan tempat, yaitu cukup dengan menggunakan internet.

Pada dasarnya, mendapatkan uang melalui internet bukanlah hal yang baru. Sudah banyak pihak yang sejak lama menggeluti bidang ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Caranya pun beraneka ragam, tapi beberapa cara ini adalah yang paling populer di tahun 2021 untuk menghasilkan uang dari internet.

Penasaran seperti apa cara menghasilkan uang dari internet yang populer di tahun 2021? Berikut uraiannya di bawah ini.

Menghasilkan Uang dari Internet 

Cara ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari internet tanpa mengeluarkan modal terlebih dahulu.

1. Menjadi Youtuber

Youtube menjadi salah satu platform yang banyak digunakan untuk menghasilkan uang. Sudah banyak yang membuktikan bahwa dengan membuat konten di Youtube, kamu bisa mendapatkan uang tanpa modal.

Caranya, kamu hanya perlu membuat konten berupa video yang menarik atau terkait dengan hobi yang kamu senangi saat ini, lalu mengunggahnya ke public di akun Youtube, dan biarkan orang lain menontonnya. Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, seperti minimal subscriber pada akun Youtube kamu, dan juga jumlah minimal penonton. Jika hal tersebut sudah dipenuhi, kamu baru bisa mencairkan honor atau uang yang dihasilkan dari konten tersebut.

Nantinya, uang akan dikirimkan dalam bentuk dollar. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan melalui monetisasi lewat iklan-iklan yang terpasang di akun Youtube kamu. Tentu saja sangat menguntungkan jika keuntungan tersebut dikonversikan dalam bentuk rupiah bukan? Sudah banyak orang yang membuktikannya, mulai dari artis hingga orang biasa yang iseng mencobanya. Sekarang waktunya kamu untuk mencobanya!

2. Membuat Blog atau Menjadi Seorang Bloger

Menjadi seorang bloger juga dapat menghasilkan uang dari internet lho! Caranya dengan aktif membuat tulisan di dalam blog yang sudah kamu buat. Kamu bisa membuat tulisan yang berisi informasi atau hal-hal yang menarik untukmu dan banyak dibutuhkan oleh orang lain.

Tapi kamu juga harus menulis secara konsisten untuk mendapatkan uang dengan cara mengizinkan blog yang kamu buat dipasangi iklan-iklan. Selain iklan yang muncul di blog, biasanya kamu juga akan ditawari menulis artikel tertentu dari klien untuk mempromosikan atau mereview sesuatu atau produk yang sedang dipromosikan.

Cara ini bisa kamu coba, apalagi sudah ada banyak penyedia layanan blog yang gratis. Cocok untuk kamu yang hobi menulis, sambil menghasilkan uang dari internet!

3. Menjual Foto di Microstock

Jika kamu hobi fotografi, kamu bisa menjual foto kamu di internet dengan mendaftar menjadi kontributor di berbagai microstock. Microstock ini merupakan salah satu platform industri atau penyedia foto berbayar.

Jika kamu sudah mendaftar sebagai contributor, nantinya foto yang sudah kamu unggah ke platform tersebut akan diseleksi terlebih dahulu oleh tim microstock. Setelah itu, jika foto lolos seleksi maka akan muncul di website dan langsung dibeli oleh peminat foto kamu.

Biasanya, foto-foto yang dibeli tersebut digunakan untuk keperluan komersial secara offline maupun online yang akan dipasang tanpa perlu khawatir terkena copyright lagi dari pemilik aslinya karena sudah membeli di tempat foto resmi.

4. Membuat Podcast

Podcast saat ini sedang marak-maraknya digunakan oleh banyak orang. Podcast juga bukan menjadi ajang untuk menyalurkan hobi semata, melainkan juga bisa menghasilkan uang. Apalagi melihat tren podcast di internet sedang meningkat hingga bisa kamu jadikan media untuk berkarya melalui audio.

Untuk mendapatkan uang dari podcast, kamu bisa mulai dengan mencari sponsor iklan yang nantinya bisa diselipkan dalam podcast. Atau juga mengunggah podcast di platform berbayar untuk mendapatkan royalti.


5. Berjualan Sistem Dropship

Dropshipper merupakan cara berjualan dengan nol rupiah. Cara ini sangat lazim dilakukan bagi orang yang tidak memiliki modal tapi ingin mendapatkan uang dari internet. Kamu hanya perlu memasarkan produk dengan baik dan melihat ketersediaan dan kepercayaan supplier produk yang akan kamu jual.

Sistem dropship ini, kamu tak perlu memproduksi produk sendiri atau mengirimkan langsung produk tersebut kepada pelanggan. Kamu bisa langsung mengorder produk yang dibeli oleh customer kamu melalui akun dropshipper yang nantinya akan dikirim atas nama toko online kamu. Jadi kamu hanya tinggal memasarkannya, menjual, dan dapatkan keuntungannya!

6. Mengisi Survei

Untuk mendapatkan uang dari internet, kamu bisa mengikuti survei. Caranya, kamu hanya perlu mengisi survei yang setiap surveinya akan memberikan poin yang bisa kamu tukar menjadi uang atau pulsa.

Sudah banyak situs penyedia layanan survei berbayar yang bisa kamu coba. Caranya pun cukup mudah dan tidak repot, cukup dengan mengisi survei saja. Kamu harus mencoba salah satu cara ini!

7. Membuka Live Streaming

Kamu punya hobi bermain game? Manfaatkan untuk mendapatkan uang melalui internet. Selain dengan cara mengunggahnya di Youtube, kamu juga bisa mendapatkan uang dengan membuka layanan live streaming.

Caranya kamu hanya perlu bermain game, lalu direkam dan ditonton secara langsung oleh para penggemar kamu. Nanti kamu akan mendapatkan uang dari sistem berlangganan atau dari hadiah yang diberikan oleh penggemar. Kamu bisa mencobanya melalui layanan streaming game yang sedang populer saat ini, bernama Twitch.

8. Menjadi Guru atau Coach Online

Kamu mempunyai skill atau pengetahuan yang sangat bisa diandalkan? Kamu bisa memanfaatkannya dengan menghasilkan uang melalui internet sebagai guru atau coach online.

Ada beberapa skill yang sangat bernilai dan bisa dimanfaatkan seperti kemampuan bahasa asing, pemrograman, desain grafis, digital marketing, dan hal lainnya yang banyak dibutuhkan orang saat ini.

Kamu juga bisa membuat komunitas atau lembaga kursus untuk membuka peluang bagi mereka yang mencari sebuah keahlian tapi dilakukan secara online.

9. Menerbitkan E-Book

Jika kamu hobi menulis, kamu bisa mulai melakukan self publishing atau menerbitkan buku yang ditulis sendiri. Caranya, kamu bisa menulis dan menerbitkan sebuah buku digital untuk menghasilkan uang melalui internet.

Cara ini bahkan bisa dilakukan untuk para pemula yang memiliki hobi menulis. Meskipun akan ada banyak saingannya, tapi bila buku yang ditulis berisi informasi yang menarik dan berguna, tentu saja akan selalu ada pembacanya.

Tapi yang perlu diketahui, menerbitkan buku sendiri artinya kamu harus siap mengurus semua sendiri, all in. Mulai dari menulis, mengedit, menyusun sesuai format buku digital, mendesain cover buku, mengurus proses terbit di platform buku digital, sampai memasarkannya sendiri.

10. Menjadi Freelancer

Terdapat banyak situs yang menawarkan lowongan kerja sebagai freelance seperti sribulancer, freelancer.co, projects, upwork dan yang lainnya.

Kamu bisa mendaftarkan diri sebagai freelancer dengan keahlian yang kamu miliki saat ini. Misalnya, kamu bisa bekerja sebagai freelancer writer dengan niche yang dipilih seputar penulisan artikel, tutorial, dan yang lainnya.

Bukan hanya penulisan, ada banyak skill yang dibutuhkan oleh para klien yang mencari freelancer mulai dari desain grafis, input data, hingga programmer, developer website, dan aplikasi.

Meskipun tingkat persaingannya tinggi, kamu tidak perlu khawatir karena biasanya klien akan memilih sendiri freelancer yang mereka inginkan dan dianggap sesuai. Maka, sempurnakanlah profil kamu dan unggahlah banyak contoh karya atau portofolio.

Setelah klien memilih kamu, nantinya kamu bisa mengerjakan task yang diberikan klien dan memperoleh penghasilan dari pekerjaan yang selesai tersebut melalui platform freelance yang kamu gunakan.

Itulah cara-cara yang mungkin bisa menginspirasi kamu untuk menghasilkan uang di internet tanpa modal dan tentu saja dengan cara yang halal dan populer di tahun 2021.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya? Semoga membantu untuk menghasilkan cuan secara online ya!

Share It

Comments(0)

Leave a comment