Inilah Rahasia Kebiasaan Orang Terkaya yang Bisa Kamu Contoh

4 Like

Tahukah kamu kalau kebanyakan orang terkaya dan sukses ternyata punya kebiasaan yang sama? 

Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Rafael Badziag, pakar psikologi bisnis dalam bukunya yang berjudul “The Billion Dollar Secret: 20 Principles of Billionaire Wealth and Success, ia telah mewawancarai 21 miliarder dan menemukan ada beberapa kesamaan para miliarder dalam menjalani hidupnya.

Rafael Badziag menyatakan bahwa dalam jangka panjang, kebiasaan yang dilakukan saat ini sangat menentukan masa depan. Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan mereka merupakan sebuah pondasi yang kuat untuk membantu para miliarder membangun kekayaannya.

Rafael sendiri telah menghabiskan lima tahun untuk melakukan wawancara secara tatap muka dengan 21 orang miliarder di seluruh dunia, yang didefinisikan setidaknya memiliki kekayaan bersih sekitar $1 miliar dengan meneliti kehidupan dan perusahaan yang mereka jalani.

6 Kebiasaan Orang Terkaya

Setidaknya ada enam kebiasaan yang sama yang menjadi sebuah pondasi bagi bisnis dan kesuksesan finansial para miliarder di dunia, yaitu:

Suka Bangun Pagi

Bangun pagi merupakan kebiasaan paling umum yang dilakukan dari para miliarder. Menurut Rafael Badziag, rata-rata para miliarder yang diwawancarainya bangun jam 5:30 pagi setiap harinya. Para miliarder juga menyatakan bahwa kebiasaan ini sangat penting untuk kesuksesan mereka.

Mungkin inilah definisi yang cocok untuk menggambarkan “kalau bangun siang nanti rezeki dipatok ayam”. Tidak ada orang sukses yang bangun siang dan malas-malasan.

Para miliarder juga mengatakan bahwa kebiasaan bangun pagi itu membuat mereka menjadi lebih produktif dan juga energik. Bahkan, CEO Twitter dan Square, Jack Dorsey, suka bangun sebelum fajar untuk lari sejauh 6 mil. Lalu Richard Branson, ketua Virgin Group, juga selalu bangun sekitar 5:45 pagi.

Menjalani Pola Hidup Sehat

Para miliarder yang diwawancarai selalu menjalani aturan olahraga yang ketat, tidak peduli berapapun usia mereka. Bahkan, di usia yang tua pun masih pergi berlari atau ke gym secara rutin. Seperti Lirio Paristto, seorang investor yang memberi tahu Badziag bahwa ia rutin berolahraga menggunakan treadmill tiga kali seminggu.

Olahraga tentu menjadi bagian penting mereka dalam menjalani pola hidup sehat. Malah, sebagian besar dari mereka menjadi atlet ketika masih muda, sehingga tak heran kalau mereka memasukan olahraga dalam rutinitas paginya.

Olahraga juga ternyata memberikan dampak yang besar bagi kesuksesan mereka, seperti memberikan kekuatan mental yang baik, membantu berpikir jernih, membuat disiplin dan gigi, hingga menanamkan kemauan untuk sukses. Olahraga mengajarkan untuk kerja tim, menang dan kalah, serta kerendahan hati. Para miliarder juga sering bermeditasi, tidak merokok, dan menjaga pola makan yang sehat.

Suka Membaca

Membaca merupakan aktivitas yang dilakukan miliarder secara teratur. Hampir semua yang diwawancarai Badziag menyatakan bahwa membaca menjadi salah satu aktivitas rutin yang dilakukan para miliarder.

Tapi, tentu saja bacaan yang mereka baca bukan gosip infotainment, melainkan harian nasional, biografi, majalah industry, hingga buku bisnis. Beberapa orang seperti Petter Stordalen, pemilik Nordic Choice Hotels, lebih menyukai membaca novel detektif.

Belum lagi ditambah Warren Buffet, investor sukses ini juga suka menghabiskan 80% dari hari-harinya untuk membaca. Lalu Mark Cuban, pengusaha sukses yang selama tiga jam selalu membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri pekerjaannya.

Merenung dan Berpikir

Ternyata, para miliarder selalu membutuhkan waktu sendiri untuk berpikir. Mereka melakukannya melalui meditasi atau di sela-sela aktivitas sehari-harinya seperti olahraga.

Seorang penulis Change Your Habits, Change Your Life, Thomas C. Corley, menghabiskan lima tahun untuk meneliti kebiasaan sehari-hari dari 117 jutawan dan menemukan bahwa kunci kesuksesan para miliarder adalah sering lebih banyak berpikir.

Miliarder-miliarder suka bertanya-tanya pada dirinya sendiri, seperti “Apa yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang?” “Apakah pekerjaan ini membuat bahagia?” “Apakah hari ini cukup berolahraga” atau “Kegiatan amal apalagi yang bisa diikuti”. Ada banyak hal lainnya yang selalu mereka pertanyakan hingga membuatnya merenung.

Punya Rutinitas Jangka Panjang

Jika dilakukan secara konsisten, rutinitas dapat menciptakan hasil yang sangat luar biasa dalam jangka panjang. Hal ini dapat membentuk kebiasaan untuk lebih mudah mempertahankan sesuatu secara berkelanjutan.

Misalnya, rutinitas pagi menjadi sebuah hal yang penting bagi kesuksesan jangka panjang pada sebuah bisnis. Hampir semua miliarder memiliki rutinitas pagi yang dilakukannya setiap hari, misalnya seperti poin-poin kebiasaan yang suka mereka lakukan di atas.

Bukan hanya rutinitas pagi saat mereka berada di rumah saja, tapi juga mereka biasanya punya rutinitas standar saat di kantor untuk memulai hari.

Disiplin dan Punya Standar Tinggi

Rafael Badziag menyatakan bahwa para miliarder yang ia wawancarai adalah orang yang paling disiplin yang pernah ia temuinya. Miliarder biasanya memiliki standar tinggi pada dirinya sendiri dan pada orang-orang di sekitarnya.

Sedangkan saat berbisnis, semua bisa meraih hasil yang baik hanya dengan disiplin dan menerapkan diri dengan konsisten terhadap apa yang perlu dilakukan. Menurut Chris Hogan, dalam bukunya yang berjudul “Everyday Millionaires: How Ordinary People Build Extraordinary Wealth-and How You Can Too”, disiplin merupakan kunci dalam membangun sebuah kekayaan.

Meskipun demikian, miliarder bukanlah robot atau manusia super yang bekerja sempurna. Mereka juga pasti kadang merasa malas seperti kebanyakan orang. Hanya saja yang membedakannya dengan banyak orang, para miliarder biasanya menyadari hal tersebut dan tidak membiarkan diri mereka terus mengalami kemunduran. Mereka pasti langsung berusaha mengatasi kekurangan dan kelemahan mereka.

Seperti itulah kebiasaan-kebiasaan orang terkaya menjalani harinya yang bisa kamu contoh. Jika belum terbiasa dengan kebiasaan di atas memanglah sangat wajar, kebiasaan yang baik memang tidak terbentuk dengan mudah.

Harus ada kesadaran dan kesabaran dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Lagipula, semua kebiasaan yang dilakukan para miliarder ini memang sangat baik dan bagus untuk kesehatan, secara fisik maupun mental. Ingatlah juga bahwa bisa karena terbiasa.

Share It

Comments(0)

Leave a comment