10 Orang Terkaya di Indonesia dengan Total Kekayaan Triliunan, Siapa Saja?

5 Like

Indonesia menjadi salah satu negara yang sektor perekonomiannya saat ini sedang berkembang menuju peningkatan. Salah satu perkembangannya ditandai dengan banyaknya orang-orang dengan taraf ekonominya yang sudah mulai membaik dari sebelumnya. Bahkan, menurut Forbes, orang terkaya di Indonesia sudah banyak yang menggunakan metode kepemilikan saham dengan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu, bursa saham, hingga laporan tahunan dan analis.

Ada beberapa daftar nama orang terkaya di Indonesia yang peringkatnya berdasarkan kekayaan individu, keluarga, hingga perusahaan swasta yang dinilai berdasarkan perdagangan publik. Kekayaan tersebut juga dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar pada tahun 2020.

Lantas, siapa saja nama-nama yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia? Berikut uraiannya berdasarkan Forbes Real Time Billionaires pada tahun 2020.

10 Orang Terkaya di Indonesia

1. Robert Budi dan Budi Hartono

Hartono bersaudara merupakan orang terkaya di Indonesia yang namanya masuk dalam peringkat 119 orang terkaya di dunia menurut Bloomberg. Sedangkan menurut Forbes, Hartono bersaudara memiliki total kekayaan hingga Rp 547,08 triliun yang diperoleh dari investasi di Bank Central Asia (BCA).

Kekayaan Hartono bersaudara juga berasal dari bisnis rokok Djarum yang sebelumnya dimiliki oleh ayah mereka, yaitu Oei Wie Gawan yang meninggal pada tahun 1963. Hartono bersaudara mulai mengekspor rokok pada tahun 1972 dan juga menciptakan rokok kretek mesin pertamanya, yaitu Djarum Filter pada 1976. Sudah ada sekitar 60.000 pekerja di pabriknya yang berada di wilayah Kudus, Jawa Tengah.

Sebenarnya, kekayaan mereka bukan hanya dari bisnis rokok Djarum saja, melainkan juga memiliki kekayaan dari merek elektronik Polytron dan real estate yang ada di wilayah Jakarta.

2. Keluarga Widjaja

Keluarga Widjaja menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sebesar Rp 167.79 triliun.

Keluarga ini mewarisi bisnis Eka Tjipta Widjaja yang telah wafat pada Januari 2019 di usianya yang sudah 98 tahun. Eka Tjipta Widjaja adalah pendiri dari Sinar Mas Group yang namanya masuk menjadi salah satu konglomerat terbesar pada masa orde baru.

Saat itu bank andalannya, yaitu Bank Internasional Indonesia (BII), banyak mendanai usahanya lainnya hingga sukses menjadikannya sebagai raja kopra.

Selain itu, keluarga Widjaya juga memiliki kekayaan dari Sinar Mas yang bukan hanya bergerak dalam bidang perbankan, tapi juga real estate, jasa keuangan, telekomunikasi, hingga agribisnis.

3. Prajogo Pangestu

Prajogo masuk dalam jajaran orang terkaya dengan kekayaan sebesar Rp 84,6 triliun. Prajogo memulai bisnisnya pada tahun 1970-an dalam bidang perkayuan dalam perusahaan Barito Pacific Timber yang telah go public di tahun 1993.

Nama Barito Pacific Timber pun sempat mengalami perubahan nama pada tahun 2007 menjadi Barito Pacific hingga mengakuisisi 70% perusahaan petrokimia Chandra Asri. Lalu, di tahun 2011, Chandra Asri akhirnya bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terbesar di Indonesia.

4. Anthoni Salim

Anthoni salim merupakan pemimpin dari Salim Group yang bergerak dalam banyak bidang seperti perbankan, makanan, hingga telekomunikasi. Total kekayaan yang dimilikinya sebesar Rp 83,19 triliun.

Salim Group memiliki bisnis waralaba terbesar di Indonesia, yaitu PT Indomarco Prismatama atau Indomaret Group yang diperkirakan tumbuh hingga 7 gerai per hari. Selain itu, Anthoni Salim juga merupakan CEO dari Indofood.

Menurut Forbes, Salim juga memiliki saham di firma investasi First Pacific yang terdaftar di Hongkong dengan aset sebesar 21,9 miliar dollar AS di enam negara.

5. Sri Prakash Lohia dan Mohan Lal Lohia

Sri Prakash dan ayahnya merupakan orang India yang pindah ke Indonesia merintis bisnis berjualan kain di Indonesia hingga sukses menjadi orang terkaya dengan total kekayaan sebesar 78,96 triliun.

Beberapa tahun kemudian, ia juga mendirikan pabrik benang sendiri yang bernama Indorama Synthetics di daerah Purwakarta dengan modal awal sebesar 10 juta dollar AS. Pada tahun 1992, Prakash melakukan verifikasi dengan menambah bisnis polyethylene yang menjadi bahan baku botol plastik dari Coca Cola, Pepsi, hingga Aqua.

Prakash juga mendirikan Indorama Ventures yang meliputi Indorama Shebin, Indorama IPLUK dan ISIN Lanka yang memproduksi produk polyester hingga kain sarung tangan medis. Bukan hanya itu saja, pada tahun 1995, Indorama juga memulai bisnisnya di real estate hingga saat ini bisnisnya sudah sukses tersebar di 25 negara.

6. Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo memiliki kekayaan sebesar Rp 74,73 triliun hingga masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Ia memiliki kekayaan dari perusahaan Gudang Garam yang memproduksi hingga 96 miliar batang rokok di tahun 2019.

Susilo meneruskan warisan orang tuanya hingga menjadi pabrik rokok yang terkenal dan terbesar di Indonesia saat ini. Selain itu, Susilo juga merambah hingga bidang aviasi dengan membangun bandara di Kediri dengan lahan seluas 450 hektare beserta landasan pacu bandara sepanjang 3.000 meter.

7. Jogi Hendra Atmadja

Pemilik perusahaan Mayora aini menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar Rp 60,63 triliun. Menurut Forbes, Jogi dan keluarganya telah merintis bisnis dengan membuat biskuit pada tahun 1948 dan akhirnya mendirikan grup Mayora secara resmi di tahun 1977.

Selain biskuit, Mayora juga menjual berbagai makanan seperti kopi, permen, sereal dan yang lainnya. Mayora telah memasarkan banyak produknya dengan berbagai mereka seperti Kopiko, Roma, dan juga Danisa pada 90 negara lebih hingga mempekerjakan puluhan ribu orang.

8. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan merupakan pendiri perusahaan Kalbe Farma, perusahaan yang bergerak dalam bidang obat-obatan dengan total kekayaan sebesar Rp 60 triliunan per tahun 2019. Ada banyak produk-produk yang diproduksi oleh Kalbe meliputi Kmix, Promag, Fatigon, Mixagrip, dan yang lainnya.

Sebelum menjadi seorang pengusaha sukses seperti saat ini, Boenjamin adalah seorang dokter dari Universitas Indonesia dan melanjutkan kuliah jurusan Farmasi di University of California.

9. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung menjadi salah satu nama konglomerat termuda di Indonesia dengan total kekayaan sebesar US$ 4,6 miliar atau Rp53,1 triliun. Kekayaan yang ia miliki saat ini berasal dari kepiawaiannya dalam membangun kerajaan bisnis.

Pada tahun 1978, Chairul mendirikan PT Para Inti Holdindo yang kemudian berganti nama menjadi CT Corpora di tahun 2008. Perubahan nama tersebut diambil dari inisial nama pendirinya, yaitu Chairul Tanjung.

Saat ini, CT Corp terus bertumbuh menjadi sebuah bisnis raksasa di tanah air. Perusahaan ini memiliki bisnis utama yang berkonsentrasi dalam layanan keuangan, sumber daya alam, dan juga pertelevisian. Ia juga memiliki posisi kuat di pasar konsumen seperti Bank Mega, Trans TV, Trans 7, hingga Transmart.

10. Dato Sri Tahir

Dato Sri Tahir merupakan pendiri Mayapada Group yang kekayaannya mencapai US$ 4,3 miliar atau Rp 50 triliunan lebih hingga namanya masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.

Selain menjadi konglomerat, Tahir juga dikenal sebagai orang yang dermawan hingga membangun rumah sakit Mayapada karena cita-citanya yang ingin menjadi dokter, namun harus kandas karena ia harus berhenti menempuh pendidikan kedokterannya lantaran tak memiliki biaya.

Namun, saat ini ia menjadi seorang pengusaha sukses dalam berbagai sektor yang digarapnya melalui jasa keuangan, properti, retail, media, hingga kesehatan. Tahir juga merupakan menantu orang terkaya di Indonesia, yaitu pendiri Lippo Group, Mochtar Riady.

Itulah deretan nama-nama orang terkaya di Indonesia yang bisa kamu ketahui. Pada dasarnya orang-orang konglomerat ini merintis usahanya dengan modal pengalaman, kepiawaian, dan kemauan yang keras dalam menjalankan sebuah bisnis.

Ada banyak nilai pembelajaran yang bisa dicontoh dari deretan nama di atas hingga mencapai kesuksesannya hingga saat ini. Semoga informasi ini dapat memotivasi kamu untuk menambah nama daftar orang terkaya di Indonesia ya!

Share It

Comments(2)

#

Eric Jones
Hi, my name is Eric and I’m betting you’d like your website valuemagz.id to generate more leads. Here’s how: Talk With Web Visitor is a software widget that’s works on your site, ready to capture any visitor’s Name, Email address and Phone Number. It signals you as soon as they say they’re interested – so that you can talk to that lead while they’re still there at valuemagz.id. Talk With Web Visitor – CLICK HERE https://talkwithwebvisitors.com for a live demo now. And now that you’ve got their phone number, our new SMS Text With Lead feature enables you to start a text (SMS) conversation – answer questions, provide more info, and close a deal that way. If they don’t take you up on your offer then, just follow up with text messages for new offers, content links, even just “how you doing?” notes to build a relationship. CLICK HERE https://talkwithwebvisitors.com to discover what Talk With Web Visitor can do for your business. The difference between contacting someone within 5 minutes versus a half-hour means you could be converting up to 100X more leads today! Try Talk With Web Visitor and get more leads now. Eric PS: The studies show 7 out of 10 visitors don’t hang around – you can’t afford to lose them! Talk With Web Visitor offers a FREE 14 days trial – and it even includes International Long Distance Calling. You have customers waiting to talk with you right now… don’t keep them waiting. CLICK HERE https://talkwithwebvisitors.com to try Talk With Web Visitor now. If you'd like to unsubscribe click here http://talkwithwebvisitors.com/unsubscribe.aspx?d=valuemagz.id
Reply · 02 April 2021 16:52

#

Eric Jones
Hey, this is Eric and I ran across valuemagz.id a few minutes ago. Looks great… but now what? By that I mean, when someone like me finds your website – either through Search or just bouncing around – what happens next? Do you get a lot of leads from your site, or at least enough to make you happy? Honestly, most business websites fall a bit short when it comes to generating paying customers. Studies show that 70% of a site’s visitors disappear and are gone forever after just a moment. Here’s an idea… How about making it really EASY for every visitor who shows up to get a personal phone call you as soon as they hit your site… You can – Talk With Web Visitor is a software widget that’s works on your site, ready to capture any visitor’s Name, Email address and Phone Number. It signals you the moment they let you know they’re interested – so that you can talk to that lead while they’re literally looking over your site. CLICK HERE http://talkwithcustomer.com to try out a Live Demo with Talk With Web Visitor now to see exactly how it works. You’ll be amazed - the difference between contacting someone within 5 minutes versus a half-hour or more later could increase your results 100-fold. It gets even better… once you’ve captured their phone number, with our new SMS Text With Lead feature, you can automatically start a text (SMS) conversation. That way, even if you don’t close a deal right away, you can follow up with text messages for new offers, content links, even just “how you doing?” notes to build a relationship. Pretty sweet – AND effective. CLICK HERE http://talkwithcustomer.com to discover what Talk With Web Visitor can do for your business. You could be converting up to 100X more leads today! Eric PS: Talk With Web Visitor offers a FREE 14 days trial – and it even includes International Long Distance Calling. You have customers waiting to talk with you right now… don’t keep them waiting. CLICK HERE http://talkwithcustomer.com to try Talk With Web Visitor now. If you'd like to unsubscribe click here http://talkwithcustomer.com/unsubscribe.aspx?d=valuemagz.id
Reply · 19 April 2021 23:39

Leave a comment