Investasi Bitcoin di Tahun 2021, Menguntungkan?

2 Like

Investasi bitcoin dikabarkan semakin menarik di tahun 2021 lantaran pada Desember 2020, bitcoin telah mencetak rekor baru sepanjang masa, yaitu menyentuh USD23.000 per koin.

Meskipun dilanda pandemi, nyatanya bitcoin masih menjadi opsi favorit untuk dipilih oleh para investor sebagai tempat menyimpan harta yang mampu menghindari adanya peningkatan ekspansi fiskal dan inflasi tinggi.

Mata uang digital ini masih menyandang gelar mata uang digital paling populer sejak pertama kali kemunculannya yang sempat menjadi tren di kalangan banyak orang. Bukan hanya populer, bitcoin juga masuk ke dalam jajaran mata uang digital yang paling layak untuk dimiliki. Bahkan, bitcoin dijuluki sebagai king of cryptocurrency oleh para pakar cryptocurrency.

Saat ini, jumlah bitcoin sangatlah terbatas, tapi peminatnya kian meninggi hingga menyebabkan nilai tukarnya ikut melambung tinggi juga. Artinya, saat ini investasi bitcoin semakin melonjak, dimulai dari harga ratusan perak, seketika menjadi ratusan juta nilainya.

Sebelum membahas tentang bitcoin lebih jauh, ketahui terlebih dahulu mengenai bitcoin di bawah ini.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency atau mata uang digital yang kehadirannya muncul pertama kali pada Januari 2009. Identitas orang yang menciptakan teknologi ini sendiri masih menjadi misteri sampai saat ini.

Karena bitcoin mata uang digital, tentu tidak ada bitcoin fisik, melainkan hanya saldo yang disimpan dalam buku besar public yang aksesnya transparan dan diverifikasi oleh daya komputasi.

Maksudnya adalah, saldo bitcoin disimpan menggunakan sebuah kunci publik (mirip dengan nomor rekening dan pin ATM bank) yang berbentuk rangkaian panjang dari angka dan huruf yang dihubungkan melalui enkripsi algoritma matematika untuk membuatnya.

Selain itu, bitcoin tidak diterbitkan atau didukung oleh bank pemerintah atau swasta mana pun, bitcoin individu juga tidak berharga sebagai komoditas. Meskipun bitcoin bukan alat pembayaran yang sah, bitcoin memiliki popularitas tinggi hingga memicu peluncuran ratusan mata uang virtual lainnya secara kolektif yang disebut dengan nama Altcoin.

Cara Kerja Bitcoin

Cara kerja bitcoin memang terbilang sulit dipahami pertama kali bagi orang awam, sebab setiap bitcoin adalah file komputer yang disimpan dalam dompet digital di komputer atau smartphone. Ada beberapa istilah yang harus diketahui untuk memahami cara kerja bitcoin, yaitu:

  • Blockchain, bitcoin didukung oleh kode sumber terbuka yang dikenal dengan sebutan blockchain. Blockchain ini membuat buku besar public bersama, sehingga setiap transaksi adalah ‘blok’ yang ‘dirantai’ ke kode yang membuat catatan permanen pada setiap transaksi yang berlangsung. Blockchain ini bisa dibilang sebagai jantung dari banyaknya mata uang kripto setelah bitcoin.
  • Kunci pribadi dan publik, maksudnya adalah dompet bitcoin ini berisi kunci public dan juga kunci privat, adanya bagian ini memungkinkan pemiliknya untuk memulai dan menandatangani transaksi secara digital atau memberikan sebuah bukti otorisasi.
  • Penambang bitcoin, merupakan anggota platform peer to peer yang secara independen mengkonfirmasi transaksi menggunakan komputer dengan kecepatan tinggi kisaran 10-20 menit. Penambang ini dibayar dalam bentuk bitcoin untuk usaha yang telah dilakukannya.

Bitcoin dalam Menghasilkan Uang

Bitcoin memiliki nilai yang mengikuti hukum penawaran dan permintaan. Artinya, permintaannya bisa naik dan turun. Sehingga, memang ada musim-musim tertentu bitcoin melonjak tinggi dan turun drastis.

Selain didapatkan dari menambang bitcoin dengan keahlian teknis dan investasi menggunakan komputer berkinerja tinggi, orang yang membeli bitcoin bisanya sebagai salah satu bentuk spekulasi mata uang. Sebab, bertaruh bahwa nilai dollar AS dari satu bitcoin akan lebih tinggi di masa depan daripada saat ini. Tapi, tentu saja hal ini belum pasti dan sulit diprediksi.

Tren Bitcoin di Tahun 2021

Menurut seorang ahli strategi Bank of America, Naeem Aslam, lonjakan bitcoin baru-baru ini lebih besar dari beberapa tren yang terkenal lainnya dalam beberapa dekade terakhir.

Tahun 2021 bahkan diprediksi akan ada lebih banyak perusahaan yang mengadaptasi bitcoin dalam platformnya. Pasalnya, tahun 2020 telah menjadi evolusi adaptasi bitcoin.

Beberapa di antaranya seperti Paypal yang bisa digunakan untuk jual beli bitcoin. Hal ini menunjukan bahwa perkembangan bitcoin akan terus meningkat.

Bitcoin juga dipercaya dapat merampingkan proses rumitnya pembayaran digital yang transaksinya bisa membutuhkan waktu berhari-hari saat melibatkan mata uang yang berbeda.

Bitcoin Merupakan Investasi Masa Depan yang Baik

Setelah melihat uraian di atas, mungkin kamu mulai mengetahui apa itu bitcoin, cara kerja, dan bagaimana bitcoin menghasilkan uang. Bitcoin memang melampaui level US$ 20 ribuan pada pertengahan Desember 2020 lalu, kemudian mengalami lonjakan lagi di atas US$ 40 ribuan.

Bahkan, sekalipun mengalami nilai penurunan selama akhir pekan, nilai bitcoin memang masih terpantau melonjak hingga 300% dalam 12 bulan terakhir. Bitcoin memang menjadi investasi yang menguntungkan.

Namun, ahli strategi Bank of America juga mengatakan bahwa bitcoin mungkin akan jatuh ke level US$ 30 ribu sebelum mencapai ke titik terendahnya. Artinya, untuk berinvestasi bitcoin di tahun 2021 masih cenderung menguntungkan, sebab kenaikan bitcoin belum berakhir dan masih melakukan perjalanan ke atas.

Demikianlah uraian mengenai investasi bitcoin di tahun 2021. Jika kamu tertarik untuk beli bitcoin, bitcoin memang dinilai menguntungkan dan memiliki masa depan yang baik, tapi anjloknya harga bitcoin bukan tanpa terkecuali akan menimbulkan resiko investasi dari mata uang kripto. Selain bisa untung, saat berinvestasi bitcoin tentu kamu juga tetap harus siap rugi.

Share It

Comments(0)

Leave a comment