5 Evaluasi Rencana Bisnis Agar Tahun 2021 Menjadi Lebih Baik

Rencana bisnis merupakan hal penting yang harus ada pada setiap usaha atau bisnis, tak peduli sektor apa yang sedang dijalani. Apalagi, saat ini bisnis semakin maju dan penuh inovasi. Tanpa perencanaan bisnis, tentu saja perusahaan tidak bisa bersaing dengan yang lainnya.

Merintis usaha dari nol memang menjadi tantangan tersendiri dan menarik untuk dicoba. Saat produk atau layanan usaha yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan pasar, tentu ada kepuasan tersendiri. Pasalnya, bagi pemilik bisnis membangun sebuah usaha merupakan proses yang panjang penuh perjuangan dari hasil buah pemikiran kreatif dan tanggung jawab operasional.

Namun, membangun bisnis juga perlu pengetahuan yang cukup mumpuni. Jika tidak, bisnis tidak akan mengalami kemajuan dan ‘stuck’ pada posisi yang sama atau berada dalam zona nyaman hingga tidak berkembang. Maka dari itu, berhubung sudah memasuki tahun yang baru, waktunya untuk mengevaluasi bisnis kamu saat ini.

Berikut ini adalah evaluasi yang bisa dilakukan pemilik usaha agar selalu berkembang dan menjadi lebih baik lagi.

Periksa Kembali Kebutuhan Pasar dan Peluang Usaha

Hal pertama yang harus dilakukan evaluasi pada setiap bisnis adalah apakah produk atau jasa yang ada telah memenuhi kebutuhan pasar dan peluang yang ada? Apakah telah sesuai tujuan? Pasalnya, peluang pasar akan mendapatkan pengaruh dan penurunan jumlah pelanggan juga dipengaruhi oleh permintaan pasar.

Apakah produk atau jasa yang ada sudah sesuai dan memiliki nilai jual? Maka, penting untuk mengevaluasi kebutuhan pasar yang ada di awal tahun 2021 ini. Apalagi jika bisnis yang sedang dijalankan mengalami penurunan penjualan, hal ini yang harus menjadi pertimbangan apakah akan menambah produk tertentu atau mengubah produk yang dibutuhkan pelanggan dan yang lainnya.

Maka, fokuslah untuk menciptakan nilai jual yang unik dan inovatif yang tidak dimiliki pesaing tapi tetap memenuhi kebutuhan pasar. Pasalnya, produk atau jasa apapun yang menawarkan banyak manfaat bagi pelanggan, pasti cenderung akan menarik perhatian calon konsumen yang ada.

Evaluasi Hubungan dengan Pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan konsumen atau pelanggan yang ada menjadi salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. 

Selain mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, setiap pemilik bisnis tentu harus memikirkan bagaimana usaha atau perusahaan memperlakukan para pelanggannya dengan baik agar mereka loyal dan tetap kembali menjadi pelanggan setia pada perusahaan.

Jangan biarkan usaha yang sedang dijalankan jauh dengan para konsumen. Pemilik bisnis bisa mengevaluasi grafik dari penjualan produk apakah naik atau turun, dan melihat review-review dari para pelanggan untuk bahan pertimbangan perusahaan mengevaluasi hubungan antar pelanggan ini. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk menjangkau mereka, seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan yang lainnya.

Evaluasi Tim atau Sumber Daya 

Apakah sejauh ini sumber daya perusahaan dan tim yang ada sudah efektif dalam menjalankan bisnis yang ada? 

Bagaimanapun sumber daya manusia menjadi sangat penting untuk fondasi bisnis apa pun. Hal inilah yang menjadi dasar atau latar belakang perlunya penyelenggaraan pelatihan pada setiap perusahaan secara rutin, untuk memastikan bahwa tim siap untuk melakukan tugas apa pun yang telah direncanakan.

Evaluasi ini harus dilakukan karena menyangkut dengan produktivitas perusahaan. Jika salah satu tim yang tidak berjalan dengan baik, tentu saja semuanya menjadi tidak seimbang. Pasalnya, pada dasarnya dalam sebuah sistem di perusahaan, semua bagian pekerjaan itu saling terhubung.

Hal ini dilakukan untuk melakukan pemetaan terhadap karyawan dan mengatur proses kerja; apakah harus ada pengurangan jam, perpindahan tugas, atau yang lainnya. Dengan demikian, pemilik bisnis bisa mengatur waktu kerja yang ada dan menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) pada karyawannya.

Periksa Biaya dan Pengeluaran Perusahaan

Melakukan evaluasi pada biaya atau cash flow perusahaan tentu saja sangat berkaitan dengan struktur biaya perusahaan secara keseluruhan. Entah itu terkait bahan baku, tenaga kerja, hingga beban pengeluaran lainnya yang harus dikurangi. 

Lalu, perhatikan kembali apakah ada aktivitas perusahaan yang tidak memberikan nilai tambah pada perusahaan.
Hal inilah yang sebenarnya penting dilakukan agar perusahaan tetap efisien, tidak defisit, dan bisa mengendalikan biaya atau pengeluaran perusahaan. 

ika hal ini tidak dilakukan, jangankan mendapatkan keuntungan besar, yang ada hanyalah kerugian yang sia-sia. Maka, penting rasanya untuk mengevaluasi biaya dan pengeluaran perusahaan karena ini berhubungan dengan keuangan bisnis juga.

Evaluasi Aset

Evaluasi aset dilakukan untuk memastikan aset tetap atau aset tidak tetap yang dimiliki dalam keadaan baik. 

Aset yang kurang berfungsi dan tidak memiliki nilai tambah bagi perusahaan bisa dijual. Hal ini dilakukan untuk menjaga likuiditas usaha atau bisnis yang dilakukan dapat bertahan hingga dilakukannya lagi evaluasi tahunan berikutnya. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini, menjaga likuiditas setiap usaha yang sedang dijalankan akan sangat penting, hingga berakhirnya wabah ini. 

Demikianlah beberapa evaluasi rencana bisnis atau business plan yang bisa dilakukan di tahun 2021 agar bisnis terus berkembang dan semakin baik lagi. 

Sehebat atau sebesar apa pun rencana dan strategi bisnis yang dijalankan, tanpa adanya evaluasi tentu tidak akan pernah bisa mengetahui apa yang harus diperbaiki dan menjadi lebih baik lagi ke depannya. 

Semoga bermanfaat!