10 Keterampilan Kerja yang Dibutuhkan Tahun 2021 hingga Masa Depan

Keterampilan kerja yang paling dasar, atau skill, menjadi sebuah fondasi seseorang yang lebih berharga dari sekadar materi semata. Keterampilan dasar juga lebih dari sekadar ilmu yang dipelajari di sekolah atau di perguruan tinggi, sebab ilmu hanya mengantarkan seseorang ke depan pintu gerbangnya saja, sedangkan keterampilanlah yang menentukan seseorang memiliki keahlian atau tidak.

Ada banyak keterampilan berharga yang bisa kamu kuasai, dan akan berguna di dunia kerja, seperti bagaimana caranya mengelola keuangan dengan baik, cara berbisnis, hingga keterampilan yang berasal dari pengalaman langsung. Semakin tinggi jam terbang yang dimiliki, maka semakin hebat keterampilan yang dimiliki seseorang dalam suatu bidang.

Tapi, tahukah kamu keterampilan apa yang mungkin dibutuhkan di tahun-tahun mendatang? Pasalnya, apa yang sekarang kurang diminati bisa saja yang paling berharga di masa depan.

Namun, ada beberapa keterampilan dasar yang bisa dibilang merupakan skill abadi dan dapat membantu kamu menghadapi puncak revolusi atau industri 4.0 di masa depan, tidak peduli berapa pun usia kamu dan bagaimana keadaan kamu sekarang.

Menurut surveI kepala HR officer di beberapa perusahaan terkemuka dunia, World Economic Forum telah merilis laporan The Future of Jobs yang mengungkapkan beberapa keterampilan dasar di posisi teratas yang diperlukan di tahun 2021 hingga masa depan. Berikut uraiannya di bawah ini.

Keterampilan Kerja yang Akan Sangat Diperlukan di Masa Depan

1. Pemikiran Kritis

Seseorang yang memiliki keterampilan berpikir kritis akan sangat dibutuhkan di masa depan, karena dapat memberikan solusi, ide, inovatif, memecahkan masalah yang kompleks menggunakan penalaran dan logika, serta mengevaluasi argumen.

Pemikiran yang kritis sangat dibutuhkan dalam menganalisis aliran informasi dari berbagai sumber. Setelah mengamati, orang yang biasa berpikir kritis akan lebih mampu menalar secara logika daripada mengutamakan emosinya dan mengumpulkan pro kontra dari situasi hingga mendapatkan pikiran terbuka dan solusi terbaik.

2. Kecerdasan Emosional (EQ)

Kecerdasan emosional merupakan keterampilan dasar yang digunakan untuk menyadari, mengendalikan, serta mengekspresikan dan menyadari emosi orang lain. Seseorang yang memiliki EQ yang tinggi akan memiliki empati, integritas, serta mampu bekerja dengan baik bersama orang lain.

Di masa depan, sekalipun teknologi semakin canggih, sebuah mesin atau robot tidak akan bisa menggantikan manusia untuk terhubung dengan orang lain, sehingga seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik sangat dibutuhkan.

3. Kreativitas

Kreativitas merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan di berbagai bidang. Hal ini yang membuat sebuah perusahaan bisa berbeda dengan yang lainnya. Pasalnya, bukan hanya di tahun 2021 saja, tapi di masa depan semua hal mulai dari produk, cara kerja, hingga teknologi tentu akan terus berkembang.

Bahkan, sekalipun harus bersaing dengan robot, manusia yang memiliki keterampilan ini akan unggul. Kreativitas tentu saja dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

4.  Kemampuan Mengambil Keputusan

Seseorang yang memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan dapat menjadi pribadi yang lebih kompleks di tempat kerja. Sebab, mesin dan data yang memproses informasi dan memberikan wawasan sekali pun tidak mungkin mampu seperti ini.

Pada akhirnya, manusia lah yang perlu membuat keputusan dengan menggunakan kepekaan manusia lainnya dengan banyak pertimbangan. Nantinya, teknologi hanya menghilangkan banyak tenaga kerja kasar. Tapi, tetap manusia lah yang lebih banyak melakukan pengambilan keputusan.

5. Komunikasi Interpersonal

Menghadapi era revolusi industri 4.0, kemampuan bertukar informasi dan makna antara manusia menjadi keterampilan yang penting dan dibutuhkan. Keterampilan ini bisa didapatkan dengan mengasah kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.

Komunikasi interpersonal yang baik dapat membuat komunikasi menjadi efektif dan pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh setiap orang. Pasalnya, hal ini juga berkaitan dengan penggunaan kata, nada suara, hingga bahasa tubuh yang tepat dalam menyampaikan pesan.

6. Kepemimpinan yang Baik

Kepemimpinan menjadi hal penting di dunia kerja. Sebuah tim tidak akan berjalan dengan baik tanpa pemimpin yang baik. 

Sebuah pekerjaan atau perusahaan tanpa pemimpin ibarat ‘kapal tanpa nahkoda’. Kepemimpinan dibutuhkan untuk membuat alur pekerjaan diantara pekerjaan lainnya sejalan dan saling kooperatif.

Selain itu, sebuah pekerjaan dengan pemimpin yang kurang kompeten tidak akan memiliki arah yang jelas dan membuat perpecahan di antara tim. Maka, dibutuhkan keterampilan memimpin yang baik dalam sebuah perusahaan. Pemimpin yang baik dapat menginspirasi dan membantu orang lain. Bahkan, bisa mengatasi masalah dan mengambangkan solusi dengan bijak.

7. Mampu Belajar dan Berkembang

Seseorang yang mau belajar dan berkembang dibutuhkan di perusahaan mana pun. Sebab, seseorang yang enggan belajar tidak akan memiliki perkembangan yang dinamis dengan berbagai macam perubahan dan visi misi perusahaan.

Sebab, siapa pun di masa depan perlu belajar dan terus tumbuh secara aktif. Tidak peduli berapa usia dan pengalaman kamu saat ini. Orang dengan keterampilan ini dapat menghadapi tantangan dengan mudah, belajar dari kesalahan, dan aktif mencari pengetahuan baru.

8. Kemampuan Beradaptasi dan Toleransi

Saat dunia dan tempat kerja menjadi lebih beragam dan terbuka, dibutuhkan kemampuan beradaptasi dan toleransi yang baik untuk menghormati, memahami, dan bekerja dengan orang lain tanpa mempermasalahkan perbedaan ras, budaya, bahasa, usia, jenis kelamin, keyakinan politik, dan agama.

Kemampuan ini membuat seseorang bisa lebih terbuka untuk memahami dan beradaptasi dengan orang lain yang mungkin memiliki cara yang berbeda dalam memahami dunia, sehingga tidak hanya akan meningkatkan cara orang berinteraksi di perusahaan, tapi juga membuat produk perusahaan bisa diterima di berbagai kalangan.

9. Memahami Teknologi

Teknologi setiap tahunnya mengalami perkembangan, artinya pekerja yang mampu memahami teknologi yang sangat dibutuhkan. Tidak mungkin perusahaan merekrut karyawannya yang gagap teknologi alias gaptek.

Apalagi di revolusi industri 4.0 yang banyak didorong inovasi teknologi berupa kecerdasan buatan atau AI, big data, dan yang lainnya. Artinya setiap karyawan pasti akan diminta untuk mengoperasikan atau menindaklanjuti keterampilan teknis dari teknologi tersebut.

10. Mampu Menghadapi Perubahan

Perubahan zaman dari waktu ke waktu tentu saja akan mempengaruhi kecepatan perubahan di tempat kerja. Artinya, seseorang harus gesit dan mampu menghadapi perubahan yang ada.

Seseorang harus fleksibel, tapi juga harus bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada di tempat kerja seperti keahlian dan hal lainnya. Setiap orang harus melihat sebuah perubahan bukan sebuah beban, tapi kesempatan untuk terus tumbuh dan berinovasi.

Itulah beberapa keterampilan dasar di dunia kerja yang dibutuhkan di tahun 2021 hingga masa depan. Setelah mengetahui hal tersebut, waktunya untuk kamu meningkatkan skills-skill di atas yang tentu saja akan sangat dibutuhkan, sekalipun harus bersaing dengan mesin atau robot di masa depan.