Ini Dia Orang Terkaya di Asia 2020: The Real Crazy Rich Asians

Penghujung tahun 2020, tampaknya menjadi pencapaian yang luar biasa bagi orang-orang yang namanya dinobatkan masuk dalam jajaran orang terkaya di Asia. Setidaknya ada 10 orang yang dikolektif memiliki kekayaan lebih dari $500 miliar. Para Crazy Rich Asian ini berasal dari berbagai negara, seperti Tiongkok, Jepang, hingga India. Tak jarang juga nama-nama tersebut menjadi langganan setiap tahunnya.

Walaupun demikian, ternyata ada nama baru yang berhasil menyalip orang-orang lama yang telah dinobatkan sebagai orang terkaya di Asia, salah satunya adalah Jack Ma. Siapa yang tidak mengenal Jack Ma? Sosok yang dikenal dengan kekayaan melimpah pemilik Alibaba Group ini ternyata harus turun posisinya karena tergeser dengan orang baru tersebut. 

Penasaran siapakah sosok miliarder tersebut? 

Simak daftar orang terkaya di Asia yang dilansir dari situs Business Insider di bawah ini.

1. Mukesh Ambani ($ 85,2 miliar)

Mukesh Ambani (63 tahun) menjadi orang terkaya di Asia yang pertama, dan terkaya kedelapan di planet ini. Ia mengambil alih posisi ketua Reliance Industries saat ayahnya yang merupakan pendiri perusahaan meninggal pada tahun 2002. Reliance industries ini merupakan perusahaan minyak dan gas dengan 42% sahamnya menjadi milik Ambani.

Selain itu, Ambani juga mendirikan Jio, layanan telepon 4G yang dimilikinya di Indian Mumbai, tim kriket profesional dan properti yang nilainya lebih dari $400 juta. Tak heran jika sosoknya masuk dalam jajaran pertama Crazy Rich Asian tahun 2020.

2. Zhong Shanshan ($ 58,7 miliar)

Zhong Shanshan (65 tahun) merupakan pendiri dan ketua Nongfu Spring, perusahaan air kemasan yang baru go public di Hongkong pada 8 September lalu. Per 24 September 2020, saham perusahaannya melonjak 77% hingga membuat Shanshan yang memiliki sekitar 84% dari saham Nongfu Spring dinobatkan menjadi orang terkaya di Tiongkok dan terkaya ke-17 di dunia.

Shanshan juga memiliki saham di Wantai Biological Pharmacy, perusahaan yang sedang mengerjakan vaksin virus corona menurut CNBC.

3. Jack Ma ($ 56,7 miliar)

Jack Ma (55 tahun) merupakan salah satu orang terkaya di Tiongkok yang mendirikan perusahaan e-commerce terbesar di negaranya. Alibaba menjalankan Taobao yang merupakan situs belanja online bersama dengan Tmall yang menjadi fasilitator toko online.

Jack Ma juga memiliki saham pada dua perusahaan industri hiburan Tiongkok dan layanan pembayaran online. Jack Ma pernah menjadi orang terkaya di Asia nomor satu sebelum Ambani, namun tahun ini menjadi masa yang sulit baginya karena digital Tiongkok mengalami cukup banyak hambatan di tahun 2020.

4. Pony Ma (51,7 miliar)

Pony Ma atau Ma Huateng (48 tahun) merupakan ketua dan CEO Tencent Holdings, sebuah perusahaan teknologi yang didirikan Bersama Zhang Zhidong, sosok yang masuk dalam 20 besar daftar orang terkaya tahun 2020. Perusahaan Tencent terkenal dengan aplikasi pesan instannya, yaitu WeChat yang sudah terkenal dan populer hingga telah memiliki lebih dari satu miliar penggunanya di seluruh dunia.

5. Li Ka-Shing ($ 32,3 miliar)

Li Ka-Shing (92 tahun), merupakan orang terkaya di Asia, tepatnya di Hongkong yang merupakan pendiri CK Hutchison Holdings, sebuah kerajaan bisnis yang luas dengan minat utamanya pada layanan ritel. Li juga mendirikan perusahaan induk investasi seperti CK Asset Holdings yang bergerak di bidang jasa real estate. Pada tahun 2019, perusahaan CK Hutchison berhasil menghasilkan laba sebesar $38 miliar.

6. Tadashi Yanai ($ 31,6 miliar)

Mengetahui brand UNIQLO? Ya, Tadashi Yanai (71 tahun) merupakan pendiri dari perusahaan induk UNIQLO yang masuk dalam kategori fast retailing. Ia juga merupakan pendiri dan pemegang saham terbesar dari pengecer pakaian yang juga terbesar di Asia itu. Sudah ada 1000 toko fast retailing yang beroperasi. Selain itu, ia juga memiliki beberapa lapangan golf di Maui, Hawaii. Tak heran jika dirinya bisa masuk dalam jajaran orang terkaya di Asia tahun 2020 yang lalu. 

7. William Ding ($ 28,3 miliar)

William Ding (49 tahun) menjalankan penyedia internet berbasis di Beijing, yaitu NetEase yang dikreditkan dengan melokalkan game popular seperti Overwatch dan Westward Journey. Perusahaannya bekerja sama dengan Blizzard Entertainment dan Mojang yang merupakan anak perusahaan dari Microsoft. Selain itu, NetEase juga bekerja dengan hiburan media online lainnya seperti film dan juga musik.

8. He Xiangjian ($ 27,9 miliar)

He Xiangjian (78 tahun) mendirikan Midea Group, perusahaan yang mengekspor AC dan memproduksi peralatan lainnya seperti pemanas dan mesin cuci. Ia mulai merintis bisnisnya pada tahun 1968 dengan produksi tutup plastik hingga akhirnya menjadi salah satu perusahaan peralatan terbesar di dunia.

Pada tahun 2012, ia mengundurkan diri dari Midea dan He Jian Feng yang merupakan putranya menjabat sebagai salah satu direktur di Midea Group.

9. Yang Huiyan ($ 27,3 miliar)

Yang Huiyan (38 tahun) merupakan orang terkaya di Asia, satu-satunya wanita yang masuk dalam daftar ini. Ia mewarisi lebih dari setengah saham perusahaan pengembang real estat milik ayahnya, yaitu Country Garden Holdings pada tahun 2005. Saat menjalankan perusahaannya, ia juga membangun gedung dan mengelola hotel di Tiongkok. Bahkan, ia juga menjabat sebagai ketua perusahaan pendidikan Bright Scholar Education Holdings.

10. Colin Huang ($ 27 miliar)

Colin Huang atau Huang Zheng (40 tahun), merupakan pendiri dan ketua salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok bernama Pinduoduo. Platform ini memiliki 628 juta pelanggan hingga menghasilkan $4,2 miliar pada tahun 2019.

Sebelum ia mendirikan Pinduoduo, ia sempat magang di Microsoft dan bekerja di Google. Selain itu, ia juga mendirikan dua perusahaan bisnis internet lainnya, yaitu Xinyoudi yang merupakan bisnis game dan Ouko.com, sebuah platform e-commerce lainnya.

Nah, itulah daftar nama orang terkaya di Asia di tahun 2020. Apakah ada sosok yang kamu idolakan di salah satu daftarnya? 

Semoga daftar orang terkaya ini bisa memotivasi kamu untuk menjadi salah satunya di masa depan nanti. Tidak ada yang mustahil bukan selama terus berusaha? Namun, yang pasti benua Asia memang berisi orang-orang yang cerdas dan pekerja keras hingga mampu menjadi miliarder di Asia hingga dunia.