7 Penemuan Teknologi Tercanggih Tahun 2020, Sudah Tahu?

Seiring perkembangan zaman, penemuan teknologi, terutama teknologi informasi, tumbuh semakin pesat dan berinovasi. Bahkan, di tahun 2020 menurut Lembaga riset Alibaba DAMO Academy telah diprediksi akan ditandai dengan banyaknya terobosan kecerdasan buatan, blockchain, hingga komputasi awan atau cloud.

Prediksi ini cukup memberikan gambaran di sepanjang tahun 2020 karena banyaknya kemunculan beberapa penemuan teknologi canggih yang bahkan berpengaruh di masyarakat hingga mempengaruhi perubahan dunia. 

Nah, ingin tahu penemuan teknologi tercanggih apa saja yang diciptakan di tahun 2020? Berikut uraiannya.

Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence, atau kecerdasan buatan, menjadi salah satu evolusi penemuan teknologi canggih kelas atas yang paling transformatif di era ini. 

Teknologi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mengeksplorasi bagaimana kecerdasan buatan ini dapat meningkatkan pelayanan dan merampingkan operasi bisnis mereka. Salah satu produk AI yang terkenal adalah robot Sophia, robot yang dapat berkomunikasi langsung dengan manusia dan dapat merasakan emosi mulai dari senang hingga sedih.

Teknologi AI dinilai dapat mempermudah dan menguntungkan perusahaan yang menggunakan jasa kecerdasan buatan ini. Beberapa perusahan besar di dunia yang telah menggunakan AI adalah Google, Amazon, Microsoft, dan yang lainnya. Sebab, tahun 2020 ini lebih banyak diimplementasikan pada beberapa fungsi seperti sistem penerjemah otomatis dalam search engine, penggunaan asisten pribadi virtual semacam siri, hingga aplikasi pengemudi otomatis. Kecerdasan buatan ini diprediksi akan terus berkembang ke depannya.

Kendaraan Tanpa Pengemudi (Otonom)

Tahu mobil Tesla? Ya, Tesla menjadi salah satu kendaraan di tahun 2020 yang menggunakan teknologi kendaraan otonom. Kendaraan ini dapat menjelajahi jalanan tanpa pengemudi atau digerakkan oleh manusia.

Elon Musk, CEO Tesla, berharap perusahaannya dapat menciptakan kendaraan otonom yang benar-benar kompleks dan ideal. Bukan hanya bisa berkendara secara otomatis, mobil ini juga memiliki fungsi lain yang memiliki pengereman otomatis hingga perubahan jalur. Bahkan, sistemnya terhubung langsung ke pengemudi ketika digunakan, seperti fungsi keselamatan, hiburan, dan analisis data.

Selain itu, Google juga mendirikan sebuah perusahaan yang mengembangkan self-driving bernama Waymo. Waymo telah menyelesaikan uji coba taksi otonom di California hingga mampu mengangkut lebih dari 6.200 total orang pada bulan pertama.

Extended Reality (ER)

Extended Reality merupakan penemuan teknologi baru dan berkembang yang digunakan untuk membantu menciptakan pengalaman digital yang khususnya mengacu pada realitas virtual (VR), augmented, dan campuran dari keduanya. 

VR dapat menjadikan dunia virtual terlihat begitu nyata, sedangkan Augmented Reality (AR) dapat menghamparkan objek dari dunia digital dalam dunia nyata melalui tampilan smartphone, seperti filter di Instagram, Snapchat, dan aplikasi lainnya.

Belum lagi Mixes Reality (MR), yang merupakan perpanjangan dari AR, yang memiliki kemampuan membantu pengguna berinteraksi dengan objek digital yang telah ditempatkan pada dunia nyata, seperti piano hologram, keyboard laser, dan sejenisnya. 

Tahun 2020 membuat para pebisnis mulai ditawarkan untuk menggunakan bentuk ER yang yang tersedia hingga muncullah beberapa pelatihan dan simulasi melalui AR dan cara baru dalam mengembangkan bisnis.

Blockchain

Blockchain merupakan sebuah buku besar dalam bentuk digital yang digunakan untuk mencatat transaksi tapi diamankan karena sifat yang dimilikinya sudah terenkripsi dan terdesentralisasi. 

Sebelumnya, di tahun 2019 teknologi ini menuai komentar dari banyak pihak karena dinilai berlebihan dan terkesan kurang berguna jika dibayangkan. Namun, nyatanya, investasi dari perusahaan besar seperti Mastercard, Walmart, IBM terlihat menunjukan hasil yang berbeda. Hingga kemudian, di tahun 2020 diluncurkanlah kripto yang berbasis blockchain seperti mata uang Facebook yang bernama Libra.

Pendeteksi Wajah

Sensor yang digunakan dalam gadget mungkin menjadi hal umrah dan banyak ditemui, tapi di tahun 2020 ini sudah banyak penemuan teknologi lainnya yang menggunakan Face ID seperti alat pendeteksi suhu melalui wajah di masa pandemi Corona. 

Selain itu, dalam sistem pengamanan, teknologi pendeteksi wajah ini dinilai lebih aman digunakan daripada pin ataupun pola. Sehingga, di tahun 2020, penemuan teknologi ini menjadi salah satu yang dicari-cari dan digunakan oleh banyak orang.

Teknologi Kesehatan Pribadi

Teknologi memang fleksibel dan berguna di berbagai bidang, salah satunya dalam dunia kesehatan. Teknologi ini telah menjadi sebuah tren karena dapat mempercepat perawatan kesehatan dan ketepatan informasi yang belum pernah ada sebelumnya. Sebab, di tahun 2020, informasi kesehatan bisa didapatkan dari perangkat yang digunakan dari jam tangan pintar yang bisa memprediksi masalah hingga kondisi tubuh penggunanya.

Selain itu, ada aplikasi yang telah memungkinkan dokter memberikan resep obat tanpa perlu bertatap muka secara langsung hingga saran-saran perawatan yang akurat dan cepat dari sebelumnya. Informasi yang disampaikan dokter pun kini bisa lebih detail tanpa perlu terbatas oleh ruang dan waktu lagi.

Dompet Digital

Salah satu penemuan teknologi yang berkembang sangat cepat di tahun 2020 dalam bidang keuangan adalah dompet digital. 

Financial technology, atau disebut fintech ini, menjadi salah satu teknologi yang mengalami perkembangan dalam layanan barunya berbasis digitalnya pada tahun 2020. Dompet digital ini bahkan telah meluas penggunaannya dalam transaksi pembayaran sehari-hari di kalangan konsumen Indonesia. 

Dompet digital dinilai menjadi salah satu penemuan teknologi yang lebih aman dan praktis dalam penggunaannya dibandingkan menggunakan uang cash. Tren ini tumbuh secara signifikan di bisnis-bisnis yang ada di Indonesia, sehingga konsumen memiliki pilihan dalam proses pembayarannya. 

Wah, penemuan-penemuan teknologi yang muncul di tahun 2020 ini sangat canggih ya? 

Yes, teknologi pada dasarnya hadir untuk membantu dan mempermudah hidup manusia mulai dari membantu pekerjaan rumah, pelayanan perusahaan, hingga kebutuhan personal yang sifatnya pribadi. 

Semoga informasi tentang penemuan teknologi tercanggih di tahun 2020 ini bermanfaat ya!