5 Resolusi Keuangan Keluarga Tahun 2021, Bisa Bikin Lebih Harmonis!

Keuangan keluarga akan lebih baik jika ada perencanaan yang baik pula bukan? Ya, sebab itulah manajemen keuangan keluarga patut menjadi salah satu resolusi di tahun 2021 demi kestabilan finansial yang berkelanjutan.

Sebab, jika sudah berkeluarga, tentu saja akan banyak pengeluaran dan tanggungan biaya. Belum lagi tahun 2020 telah membuat perekonomian Indonesia harus terperosok ke jurang resesi, sehingga berdampak pada banyak orang yang merasa ‘morat-marit’ hingga terpaksa harus menggunakan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah pandemi COVID-19.

Nah, dengan perencanaan yang baik, tentunya dana yang disiapkan untuk keluarga, khususnya untuk kebutuhan anak-anak, dapat lebih terjamin. Entah itu untuk menyiapkan pendidikan atau kebutuhan penting lain yang mereka perlukan. 

So, siapa yang sudah yaqin banget bahwa 2021 perekonomian kita akan langsung baik? Nggak ada kayaknya.

Karena itu, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk di masa mendatang, berikut resolusi keuangan yang bisa diterapkan di tahun 2021 agar keuangan keluarga menjadi lebih baik lagi.

Resolusi Keuangan Keluarga untuk Tahun 2021

Transparan Penghasilan dan Pengeluaran

Untuk membangun keharmonisan keluarga, tentunya dibutuhkan kejujuran demi membangun kepercayaan, termasuk juga soal penghasilan. 

Yang terjadi sampai sekarang, terkadang ada saja suami istri yang belum transparan mengenai penghasilan satu sama lainnya, sehingga muncullah masalah keuangan yang sebenarnya bisa dihindari. Akibatnya, manajemen pengeluaran keuangan dalam keluarga pun kena imbasnya. 

Padahal, hal inilah yang menjadi dasar manajemen keuangan keluarga yang baik. Sebab, dengan memahami kondisi masing-masing, pasangan suami istri bisa berkolaborasi, saling mengingatkan mana yang menjadi prioritas, mana yang penting, dan mana yang bisa ditunda.

Dalam banyak kasus, yang membuat keuangan keluarga menjadi tidak terstruktur ini juga akibat kurang terbukanya mereka mengenai jumlah penghasilan. Belum lagi jumlah pengeluaran yang nominalnya tidak sesuai dengan kenyataan. Siapa hayo, yang suka memalsukan nota belanja supaya nggak diprotes pasangan. Hmmm. Kenapa itu sampai begitu?

Maka, untuk resolusi tahun 2021 ini, mari lebih transparan dan terbuka tentang penghasilan dan pengeluaran ya!

Tentukan Rencana Keuangan Bersama

Manajemen keuangan keluarga yang sehat dapat dibangun jika tidak ada egoisme yang terlalu mendominasi antara suami dan istri. Sebab, jika hanya bisa dinikmati oleh salah satu pihak, nantinya hanya akan menimbulkan kecemburuan ekonomi dari pihak yang lain. Bakalan runyam, ketika pihak yang merasa tidak adil ini lantas menuntut pihak yang lain.

Wah, kalau ini terjadi, pastinya akan berpengaruh pada manajemen keuangan dan keharmonisan keluarga. Apalagi jika dibiarkan terus menerus, hal ini hanya akan menjadi “api” di tengah-tengah keharmonisan keluarga. Bisa jadi ‘bom waktu’, yang nanti ketika saatnya tiba, kondisi pasti akan lebih sulit lagi.

So, kalau di tahun 2020 hal ini belum sempat dilakukan, maka sekarang duduklah bersama, dan tentukan target dan rencana keuangan keluarga. Terutama, kebutuhan anak-anak di masa mendatang. Hal ini bisa dikomunikasikan terlebih dahulu hingga kemudian mencapai kesepakatan.

Menambah Penghasilan

Tahun yang baru tentu akan lebih baik lagi jika ada penghasilan yang baru. Sebab, kebanyakan rumah tangga sudah merasa puas dengan penghasilan yang mereka dapatkan. Padahal, hal ini tidak akan membuat keuangan keluarga berkembang lantaran terlalu asyik di zona nyaman dan aman.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan demi menambah penghasilan. Kamu bisa berdiskusi dengan pasangan, barangkali ada yang bisa freelance dengan skill atau hobi yang dimiliki, atau mungkin bisa juga membuka usaha kecil-kecilan tanpa harus menyita waktu secara berlebihan. 

Coba cek beberapa peluang bisnis yang sudah pernah dibahas di blog ini juga. Beberapa di antaranya bisa dilakukan di rumah loh! 

Jadi tidak ada salahnya, tahun 2021, demi keuangan keluarga yang lebih baik, kamu atau pasanganmu mulai mencari tambahan penghasilan. Siapa tahu bisa untuk menambah dana darurat lagi kan? Atau, untuk tabungan mungkin sudah menipis karena digunakan di tahun 2020 akibat pandemi.

Fokus Menambah Dana Darurat

Tahun 2021 belum luput dari pandemi Corona yang dimulai di tahun 2020, artinya pandemic ini belum akan usai dengan segera. Mari kita realistis saja.

So, pastikan di tahun 2021, dana darurat kamu sekeluarga aman. Sebab, dalam kondisi seperti saat ini, idealnya kamu harus menyiapkan 6-12 kali dari pengeluaran bulanan.

Memang, tidak ada yang mengharapkan dana darurat harus digunakan. Namun, mengingat situasi yang belum akan normal seperti sedia kala dengan cepat, maka sangat logis jika dana darurat ini akan berguna ke depannya. Siapa tahu juga di tahun 2021 setelah periode ketidakpastian ini selesai, kelebihan dana darurat ini bisa dialihkan ke investasi yang baru.

Jangan Hanya Sebuah Rencana

Siapa yang sebelumnya masih belum bisa disiplin dan komitmen dengan rencana dan target keuangan yang telah dibuat?

Jika memang belum bisa, waktunya di tahun 2021 mulai berkomitmen dan disiplin dengan segala rencana yang ada alias waktunya untuk menjalankan semuanya dengan maksimal, bukan terlihat mau tidak mau.

Dua hal ini penting untuk mendorong hasil yang maksimal dari perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Jika ada anggota keluarga atau bahkan kamu sendiri yang tidak mematuhi peraturan keuangan yang telah ditetapkan, tidak ada salahnya membuat sebuah “hukuman” yang disepakati bersama.

Sebab, jika tidak ada keseriusan atau hanya sebuah wacana dalam menjalankannya, yang ada hanya akan jadi hal yang mubazir saja. Misalnya, berkomitmen untuk menambah dana darurat, tapi ternyata hal ini enggak dilakukan karena uangnya malah dipakai untuk beli gadget baru. Nah, berarti masalah keuangan di tahun 2020 bakalan terulang lagi deh di tahun 2021.

Siapa yang rugi, hayo?

Nah, itu dia resolusi keuangan keluarga yang bisa kamu terapkan di tahun 2021. Selain bisa membuat manajemen keuangan menjadi lebih sehat, tentu bisa membuat keharmonisan keluarga semakin bertambah. Semoga bermanfaat!