10 Peluang Bisnis yang Muncul di Tengah Masa Pandemi

Pandemi virus korona yang mengglobal ternyata bisa menjungkirbalikkan kehidupan kita sebegitu rupa. Yang normal, tak bisa lagi dilakukan, dan muncullah kebiasaan baru yang menjadi “new normal”. Terlebih lagi dalam soal bisnis. Banyak banget bisnis yang harus terimbas hingga babak belur sampai gulung tikar. Namun, ternyata ada pula beberapa peluang bisnis tercipta di tengah gelombang wabah penyakit yang mendunia ini.

Ya, sementara banyak perusahaan merumahkan karyawan, harus menyesuaikan diri dengan kondisi, bahkan dibilang perekonomian ambruk, nyatanya manusia memang merupakan makhluk adaptif yang kreatif. Beberapa di antara bisnis yang dijalankan justru mendulang laba melebihi biasa, dan muncul pula beberapa bisnis baru.

Antara sedih tapi juga senang, jadinya.

Sedih, karena gelombang imbas pandemi ini tak bisa diprediksi kapan berakhirnya. Senang, karena sebenarnya akan masih (selalu) ada harapan, karena begitulah manusia yang dianugerahi otak dan akal yang lebih kaya dibandingkan makhluk yang lain. Pada dasarnya, kita akan selalu menemukan cara untuk survive.

Berikut adalah beberapa peluang bisnis yang justru berkembang, atau muncul di tengah pandemi COVID-19

1. Produk-produk penunjang kesehatan

Apa yang paling dicari sekarang? Masker, hand sanitizer, hand soap, dan barang-barang kebutuhan untuk mendukung kita menjaga kesehatan.

Sejak pemerintah mengumumkan, bahwa warga biasa yang sehat disarankan untuk memakai masker kain dua lapis yang bisa disisipi tisu setiap kali keluar rumah, tiba-tiba banyak saja yang lantas berinisiatif membuat sendiri masker-masker kain ini. Beberapa grup WhatsApp pun dibanjiri dengan promosi masker-masker kain buatan sendiri yang dijual dengan harga murah. Motifnya lucu-lucu lagi.

Begitu juga dengan hand sanitizer. Meskipun enggak setiap orang paham, tapi ada beberapa yang memang pernah belajar dan berkutat dengan larutan-larutan kimia akhirnya benar-benar bisa mempraktikkan ilmu yang didapatnya dengan memproduksi sendiri hand sanitizer yang sesuai dengan standar kesehatan.

2. Bisnis alat dan bahan kebersihan

Beberapa waktu yang lalu, sempat menemukan juga ada orang menawarkan jasa semprot disinfektan secara mandiri untuk RT dan RW kampung yang memerlukan. Sepertinya, ini juga jadi peluang bisnis yang menjanjikan hingga beberapa waktu ke depan.

Pun jika kamu punya ilmu untuk meramu cairan disinfektan sendiri yang sesuai dengan standar kesehatan, bisa jadi peluang bisnis yang bagus juga. Sekarang juga muncul beberapa merek (yang tadinya enggak pernah kedengaran) cairan spray disinfektan yang diklaim mampu membersihkan virus dari segala permukaan.

3. Obat dan ramuan herbal

Beberapa waktu yang lalu, sempat viral artikel atau tulisan mengenai khasiat jahe, temulawak, kunyit, dan berbagai herbal tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga bisa membantu kita untuk melawan virus korona.

Enggak lama kemudian, muncul juga iklan dan promosi (masih di WhatsApp grup, tentunya) menawarkan berbagai minuman herbal yang baik diminum secara rutin setiap hari untuk memperbaiki kondisi tubuh.

4. Bisnis sembako

Pembatasan pergerakan keluar rumah tak pelak membuat kita juga jadi berpikir ulang untuk sekadar belanja groceries di supermarket kan? Belum lagi, kalau masuk ke toko juga mesti panjang beneur prosedurnya. Mau berangkat aja sudah males.

Pesan sembako online, jadi terasa sangat praktis. Coba sekarang, telusuri di bagian Explore Instagram, dan tuliskan sembako online. Banyak toko online baru yang muncul, yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok, mulai dari beras, minyak, mi instan, sayur mayur, sampai bumbu-bumbu dapur, bisa dipesan via WhatsApp, dan diantar sampai depan pintu rumah.

Sungguh peluang bisnis yang memikat.

5. Bisnis frozen food dan bahan makanan siap masak

Buat yang enggak gitu suka masak, para produsen dan penjual frozen food dan bahan-bahan makanan siap masak bisa jadi teman terbaik. Lagi-lagi tinggal pesan melalui WhatsApp, dan barang-barang pun diantar sampai ke rumah.

Frozen food dan bahan-bahan makanan siap masak ini kalau disimpan di freezer bisa tahan sampai beberapa bulan (tergantung jenis dan bahannya, pasti). Sungguh praktis dan hemat.

Peluang bisnis ini bisa coba kamu jajaki, jika kamu memang punya keahlian membuat frozen food dan sejenisnya.

6. Bisnis buah dan sayur organik

Kesadaran memiliki pola hidup sehat yang terpicu oleh munculnya pandemi virus korona juga memunculkan peluang bisnis buah dan sayur organik.

Sebenarnya bisnis ini bukan bisnis baru sih, tetapi sebelumnya buah dan sayur organik ini identik dengan harganya yang cukup jauh di atas buah dan sayur kebanyakan. Jadi, ya hanya orang-orang tertentu saja yang suka beli.

Sekarang, tiba-tiba semua orang mampu beli.

Kalau kamu memang punya keahlian dan juga punya sarananya, tak ada salahnya mencoba peruntungan peluang bisnis satu ini.

7. Bisnis camilan

Work from home itu enggak seru tanpa camilan. Yes? Yes! Orang-orang juga cukup tanggap akan hal ini, sehingga peluang bisnis camilan pun berkembang di tengah pandemi seperti ini.

“Formula”-nya sama sih dengan bisnis-bisnis yang sudah disenaraikan di atas: bisa dipesan online dan diantar sampai ke rumah.

8. Katering

Beberapa kali juga menemukan promosi katering yang bisa diantar ke rumah oleh pihak si kateringnya, ataupun diambil dengan menggunakan jasa aplikasi ojol.

Menu kateringnya setiap hari ganti, boleh langganan harian, mingguan, atau bulanan. Praktis banget, bisa pesan untuk porsi satu orang hingga empat orang. Harganya? Enggak terlalu mahal juga kok. Hampir sama dengan masak sendiri kalau dihitung-hitung, karena si pihak kateringnya kan bisa masak dalam porsi banyak, baru dibagi-bagi.

Ah, ibu-ibu pasti tahu deh. Betapa repotnya kalau semua ada di rumah seperti ini. Masak sehari bisa sampai tiga kali, belum termasuk bikin camilan! Sesekali bolehlah libur, dan pesan katering saja.

Kamu mau mencoba peluang bisnis ini juga?

9. Bisnis ekspedisi dalam kota (jarak pendek)

PSBB memang sedang dilangsungkan di beberapa kota. Pergerakan dibatasi, tapi kebutuhan pokok tetap dipenuhi. Tak pelak, hal ini menimbulkan demand jasa pengiriman barang, tetapi yang dalam kota saja.

Aplikasi ojol memang bisa membantu, tetapi ternyata ada juga beberapa orang kreatif yang menawarkan diri untuk mengirim ini itu secara pribadi dan menerima imbalan.

Hmmm, lumayan juga lo, kalau kamu mau mencoba peluang bisnis ini. Asalkan tetap patuhi aturan serta rambu-rambu yang sudah ditetapkan ya!

10. Membuat aplikasi

Ada penelitian yang menyebutkan, bahwa terjadi peningkatan penggunaan aplikasi ponsel tertentu selama pandemi terjadi. Salah satu aplikasi yang cukup laris adalah games.

Kamu punya keahlian di bidang ini? Boleh juga nih dicoba.

See? Enggak semua mati kan? Selalu ada celah di setiap kondisi—termasuk peluang bisnis. Ini sih beda ya, dengan kalau kita menimbun masker sampai hilang dari peredaran, dan kemudian kita jual dengan harga mahal. Niatnya aja udah beda.

So, tak ada salahnya kamu mencoba menjajaki beberapa kemungkinan, siapa tahu bisa menjadi lahan pemasukan yang baru untukmu, bahkan sampai jika pandemi berakhir nanti.


Other Blogs