Mblo, Buat Resolusi Keuangan untuk 2021 yang Lebih Baik Yuk!

Sudah mendekati pergantian tahun, sudah saatnya membuat resolusi nih. Termasuk resolusi keuangan.

Secara khusus untuk para lajang, umumnya dinilai belum memiliki berbagai tanggungan dan hidupnya dianggap lebih ringan. Keadaan inilah yang seharusnya dimanfaatkan untuk bisa melakukan banyak hal hingga mempersiapkan masa depan dengan baik, termasuk dalam mereview keuangan akhir tahun.

Belum punya banyak tanggungan bukan berarti tidak bisa menyusun rencana keuangan yang sehat. Pada dasarnya, mengelola keuangan memang tidak memandang umur atau status, keuangan yang baik tetap harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin memiliki kestabilan finansial berkelanjutan.

Nah, mumpung ada di penghujung tahun, biasanya waktu ini bisa digunakan untuk menyusun rencana agar tahun selanjutnya menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. 

Berikut resolusi keuangan 2021 untuk para jomblo dalam mengatur keuangan.

Buat Rencana Anggaran dan Persiapan Menikah

Para lajang yang belum memiliki pasangan bukan berarti harus berleha-leha mempersiapkan diri menuju tahap selanjutnya. Maksudnya adalah para generasi milenial sudah seharusnya memiliki tabungan sejak dini untuk persiapan menikah nanti.

Lah, belum ada calon, masa sudah punya dana menikah sih? Ya, enggak masalah dong, kalau memang menikah termasuk dalam rencana hidupmu. Ya kan? Namanya juga tujuan keuangan kok.

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk membuat anggaran tersebut adalah dengan merencanakan estimasi atau proyeksi biaya pernikahan seperti apa yang kamu impikan. Jika kamu perempuan, tentu memiliki wedding dream tersendiri dan tidak mungkin mengandalkan sepenuhnya kepada si calon pasangan kan? Nah, buatlah proyeksi, berapa dana yang akan dihabiskan jika hari itu tiba.

Untuk pria, tentu saja menabung untuk nikah menjadi sebuah keharusan demi kelancaran pencarian jodoh, kecuali kalau memang punya tujuan tidak akan menikah seumur hidup. Dan, itu nggak salah sama sekali. It’s your life, anyway, right?

Tambahkan Penghasilan

Jika sebelumnya di tahun 2020, tabungan pribadi yang kamu miliki berkurang untuk bertahan di tengah sulitnya pandemi corona, waktunya membuat resolusi keuangan 2021 dengan meningkatkan nilai tabungan bulanan. 

Caranya, kamu bisa menambah penghasilan dengan pekerjaan sampingan, seperti mencoba untuk mencari pekerjaan freelance dan yang lainnya.

Jika di tahun 2020 kamu bisa menabung 10% dari penghasilan bulanan, maka di tahun 2021 kamu seharusnya bisa meningkatkannya menjadi 15%. Cara ini bisa kamu lakukan secara perlahan jika memang belum terbiasa.

Cek kembali kondisi keuanganmu ya. Adalah bagus untuk menargetkan hal yang lebih baik, tapi tetaplah sesuai dengan kemampuan.

Mulai Berbisnis Kecil-kecilan

Mumpung masih lajang, tidak ada salahnya untuk merintis usaha atau bisnis kecil-kecilan untuk menambah penghasilan. Kamu bisa mencobanya dengan mulai membuka online shop yang menjual aksesori, makanan kecil, atau sebagai agen pulsa.

Kamu juga bisa memulai bisnis berdasarkan hobi. Yeah, malah hal ini lebih bagus karena kalau ditekuni dengan perasaan enjoy dan nyaman saat dijalankan, maka bisa mendatangkan keuntungan untukmu. 

Untuk memulainya tidak perlu menyiapkan modal yang besar atau mencekik kantong. Mulai saja dengan kocek sekitar 500-1 Juta rupiah untuk memulainya. Sebab, dengan membuka bisnis artinya kamu juga bisa belajar mengatur uang lebih baik lagi dan belajar mengenai dunia bisnis untuk tambahan penghasilan.

Punya Investasi Baru

Untuk yang belum berinvestasi di tahun 2020, sekarang waktunya mulai berinvestasi di tahun 2021. Sedangkan bagi yang sudah memiliki investasi sebelumnya, jangan lupa untuk menambah investasi baru sebagai resolusi keuangan di tahun 2021.

Ingat ya, investasi menjadi cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan keuangan di masa depan atau jangka panjang. Meskipun begitu, kamu tetap harus memastikan instrumen investasi yang dipilih sudah terbaik sesuai kebutuhan. Kamu bisa mempertimbangkan keuntungan dan risiko sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Siapkan Kembali Dana Darurat

Dana darurat adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki setiap orang, sebagai jaring penyelamat saat situasi darurat terjadi. 

Apalagi di tahun 2020, mungkin dana darurat kamu terkuras cukup banyak atau bahkan habis untuk menahan kebutuhan di situasi tak terduga akibat COVID-19 yang membuat seluruh perekonomian di dunia, termasuk Indonesia, susah.

Nah, di tahun 2021 kamu sebaiknya menyiapkan kembali dana darurat untuk hal yang tidak terduga atau akan terjadi ke depannya. Jangan sampai sudah menipis, tapi tidak ada penambahan lagi untuk dana darurat yang sangat penting itu. Sisihkanlah dana dari penghasilanmu, walau sedikit, untuk tabungan dana darurat.

Melunasi Semua Utang

Siapa yang ingin hidup tanpa utang? Tentu saja semua orang. 

Nah, jika kamu masih memiliki tanggungan utang, maka tahun 2021 bisa ditargetkan untuk melunasi semua utang, terutama utang konsumtif yang tidak menghasilkan apa pun.

Namun, semuanya memang tidak mudah dilakukan. Jika kamu masih merasa berat melakukannya, kamu bisa melunasinya secara bertahap, atau mencicilnya dengan rancangan perhitungan dana yang harus disisihkan setiap bulan agar utang cepat terlunasi dan kamu bisa merasa lega dan tidak ada beban yang mengganjal lagi dalam hidup.

Coba cek artikel strategi untuk melunasi utang yang sudah tayang beberapa waktu yang lalu ini.

Siapkan Dana Pensiun

Walaupun kamu masih lajang dan belum berkeluarga, sangat baik jika kamu sudah memikirkan dan mempersiapkan dana pensiun. Memang, kamu masih jauh dari masa pensiun, tapi tidak ada salahnya sudah memulai untuk membangunnya sebagai bagian dari resolusi keuangan di tahun 2021.

Dana pensiun justru bagus jika dikumpulkan sejak dini agar saat tiba masanya kamu pensiun, kamu bisa menikmati masa pensiunmu dengan nyaman dan aman. Kamu bisa membuat rancangan untuk menyisihkan berapa persen dari pendapatan bulanan untuk mengisi rencana dana pensiun ini.

Itulah resolusi keuangan tahun 2021 yang bisa dilakukan para jomblo atau lajang di tahun 2021. Justru bagus kan resolusi di tahun depan menjadi lebih mapan dari sebelumnya? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Selamat menjelang tahun baru! Semoga tahun depan menjadi tahun yang lebih baik.