Dunia Kerja dan Prediksinya di Tahun 2021

Mau nggak mau, dunia kerja itu harus mengikuti perkembangan zaman juga, karena ya ada pengaruh yang cukup besar terhadap jenis pekerjaan yang dibutuhkan. Misalnya, kebutuhan keterampilan 2020, apalagi tahun-tahun sebelumnya, tentu berbeda dengan tahun 2021. Apalagi melihat situasi pandemic COVID-19 kan, yang memaksa semua hal menggunakan kecanggihan teknologi.

Berdasarkan laporan dari World Economic Forum atau WEF tentang pekerjaan apa saja yang dibutuhkan di masa depan, data yang didapatkan tentang proporsi keterampilan inti yang yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak berubah ada sekitar 58%, sisanya akan terjadi pergeseran sebesar 42% di tahun 2021-2022 mendatang.

Keterampilan atau skill yang semakin dibutuhkan nantinya akan condong dengan daya pikir analitis serta pembelajaran secara aktif meliputi keterampilan yang berkaitan dengan teknologi. 

Menurut World Economic Forum, beberapa skill yang sangat dibutuhkan tahun 2021 mendatang meliputi:

  1. Berpikir analitis dan kritis
  2. Kemampuan memecahkan masalah yang kompleks dan sulit
  3. Kreativitas, orisinalitas, dan inisiatif
  4. Kemampuan untuk berkoordinasi dengan orang lain
  5. Kemampuan untuk memanajemen orang
  6. Memiliki kecerdasan emosional
  7. Memiliki kemampuan mengambil keputusan
  8. Kemampuan negosiasi
  9. Kemampuan fleksibilitas kognitif
  10. Orientasi terhadap pelayanan
Selain itu, beberapa jenis pekerjaan dan skill di bawah ini juga wajib dimiliki dan sangat bermanfaat di tahun 2021. Apa saja?

Dunia Kerja dan Skill yang Dibutuhkan

Public Speaking

Skill public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum menjadi salah satu kemampuan yang dibutuhkan di mana pun dan kapan pun. 

Ilmu ini sangat dibutuhkan oleh semua kalangan, bukan hanya motivator, pemimpin, atau pembicara. Namun, umumnya semua jenis pekerjaan membutuhkan komunikasi yang baik dan efektif agar pekerjaan yang dijalankan saling kooperatif dan meminimalkan peluang terjadinya misscommunication.

Selain itu, public speaking berguna untuk membangun relasi, bahkan untuk mendapatkan banyak rezeki dengan cara negosiasi dan persuasi. Tentu saja skill ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk menghadapi tahun 2021 yang bakalan semakin menantang

Content Creator

Sadarkah kamu kalau saat ini banyak sekali content creator di media sosial dan mengapa bisa menjamur? Karena saat ini adalah zamannya di mana semua skill, produk passion, iklan, atau apa pun dibuat menjadi sebuah konten yang menarik dan menjual. 

Kebutuhan di masa depan tentu akan terus meningkat juga seiring dengan berkembangnya internet dan media sosial.

Skill dalam membuat konten dibutuhkan dalam era ini. Inilah saatnya bagi kamu untuk belajar membuat konten, merencanakan konten, dan hal-hal yang bisa menciptakan sebuah konten yang bagus, original, dan unik. Inovasi yang muncul tentu akan membuat konten yang dibuat berbeda dari yang lainnya, sehingga akan banyak menarik perhatian banyak orang.

Digital Marketing

Jika dalam penjualan konvensional, marketing menjadi garda terdepan yang memengaruhi promosi dan penjualan produk, dalam era saat ini yang dibutuhkan adalah digital marketing.

Penggunaan teknologi yang semakin canggih dan banyaknya orang yang mulai beralih menggunakan internet, membuat promosi konvensional atau door to door kurang efektif di tengah pandemic COVID-19. Sebab, sehebat apa pun seseorang berjualan, entah itu bisnis café, toko, dan yang lainnya, jika tidak memiliki skill digital marketing, maka akan kalah bersaing hingga gulung tikar.

Belum ada kata terlambat untuk mempelajari digital marketing. Kamu bisa mulai mencari tahu dan mempelajari seperti apa caranya menjual produk melalui internet dengan skill digital yang bisa menguntungkan bisnis dan mendatangkan ‘hujan’ rejeki dari penjualan berbasis digital.

Manajemen Keuangan

Pandemi COVID-19 yang datang secara tiba-tiba di tahun 2020 menjadi sebuah masa yang cukup sulit untuk dilewati. Banyaknya pemutusan hubungan kerja, semakin banyaknya pemenuhan kebutuhan selama beraktivitas dari rumah, membuat skill mengelola uang sangat penting untuk dimiliki, baik secara pribadi untuk mendapatkan penghasilan tambahan, menginvestasikan uang, ataupun untuk lebih bijak agar nggak boros. 

Hal ini juga tentu berlaku bagi para pemilik bisnis atau perusahaan, dibutuhkan seorang pengatur keuangan yang andal dalam manajemen keluar masuknya uang. Hal ini menjadi fondasi sebuah perusahaan bisa bertahan dari segi finansial di tengah pandemi seperti saat ini dan di masa mendatang.

Digital Skill

Seperti yang diketahui, abad 21 adalah era digital. Artinya, dunia kerja saat ini telah berubah dan berkembang pesat menggunakan teknologi digital. Hampir semua pekerjaan saat ini sudah memiliki elemen digital, sehingga para pekerja dan pencari kerja juga perlu untuk memiliki digital skills. Bukan cuma ‘melek’ saja, melainkan juga sebagai user; artinya secara penuh mengoperasikan peralatan digital, seperti komputer atau laptop.

Digital skill adalah sebuah kemampuan untuk mencari, menilai, memanfaatkan, membagikan dan menciptakan sebuah konten menggunakan teknologi informasi dan internet. Beberapa contoh digital skill yaitu copywriting, design gambar, video editor, branding, pembuatan website dan domain. Jenis pekerjaan ini biasanya juga memiliki jenjang karier yang cukup menjanjikan. 

Selain itu, berdasarkan sebuah survei yang telah dilakukan terhadap 330 juta profil di LinkedIn, ada lima digital skill yang paling banyak dicari oleh pencari tenaga kerja dan akan terus dibutuhkan di tahun-tahun ke depan, yaitu:

  • Statistical Analysis and Data Mining
  • Middleware and Integration Software
  • Storage Systems and Management
  • Network and Information System
  • Search Engine Optimization and Search Engine Marketing

Nah, itu dia prediksi skill dan pekerjaan yang paling dibutuhkan di tahun 2021.Tip berkarier ini semoga dapat membantu kamu menghadapi tantangan di masa depan. Sebab, kemajuan teknologi memang berkembang sangat pesat saat ini. Artinya, akan ada banyak perusahaan yang mencari kandidat yang terbuka dengan perubahan dan dapat beradaptasi terhadap dunia digital yang terus berevolusi.