Prediksi Tahun 2021: Inilah Hal yang Harus Diperhatikan dalam Dunia Investasi

Dunia investasi 2021 diprediksi akan berkaitan erat dengan hal-hal yang terjadi sepanjang tahun 2020. 

Menurut Tiffany Xingyu Wang, Advisory Capital Global dari tajuk ‘Five Predictions: The New Normal, adanya pandemi COVID-19 membuat keberadaan dunia virtual di seluruh dunia menjadi prioritas dalam hidup kebanyakan orang. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang sudah mencanangkan work from home infinitely hingga berbagai aktivitas yang memaksa orang-orang untuk menggunakan teknologi.

Perubahan-perubahan yang terjadi ini tentu saja secara tidak langsung mempengaruhi kehidupan global di tahun 2021, termasuk dalam dunia investasi. Langsung saja simak uraiannya di di bawah ini.

Hotspot Ekonomi Akan Ada di Asia Tenggara

Tahukah kamu bahwa banyak negara-negara di Asia Tenggara telah menguasai internet, bahkan melebihi Tiongkok?

Negara di Asia Tenggara kebanyakan tidak mendapatkan peraturan mengenai pemblokiran internet dari pemerintah, sehingga ada kemudahan melakukan penetrasi ekonomi Asia Tenggara melalui internet.

Kemudahan ini tentu akan dimanfaatkan oleh masyarakat diiringi dengan kemampuan belanja yang cukup tinggi di negara-negara Asia Tenggara, artinya kondisi ini akan menjadi peluang yang bagus untuk perusahaan-perusahaan yang akan memasuki pasar Asia Tenggara. Ya, pastinya yang berbasis online ya?

Hal ini dibuktikan karena Asia Tenggara dipenuhi oleh orang-orang kreatif yang telah mampu menciptakan berbagai startup hingga menjadi unicorn di dunia, seperti Gojek dari Indonesia, Grab dari Malaysia, iCarsClub dari Singapura, KittyLive dari Thailand, dan banyak startup lainnya yang masih mengembangkan perusahaannya.

Platform Gaming Banyak Diincar

Platform gaming menjadi salah satu kebutuhan rekreasi atau hiburan kebanyakan orang selama pandemi COVID-19. Kegiatan bermain games meningkat secara drastis hingga platform gaming juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari sebelumnya.

Menurut pengguna platform gaming, sebuah games bukan hanya digunakan untuk hiburan semata saat ini, tapi juga sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Para generasi muda banyak yang belajar mengenai kreativitas, komunitas, perbedaan, strategi, tanggung jawab melalui games yang mereka mainkan.

Pandemi COVID-19 ini memang membuat kebanyakan orang merasa stress dan suntuk di rumah, platform gaming akhirnya menjadi pilihan hingga menjadi salah satu media edukasi. Perpaduan antara dunia gaming dan teknologi dalam era new normal akan membawa sebuah metode baru dalam belajar yang berpengaruh pada global citizen di generasi muda.

Banyak Startup Baru Bermunculan

Kedatangan pandemic COVID-19 yang menyerang dunia secara tiba-tiba membuat penggunaan aplikasi berbasi online menjadi salah satu cara yang efektif dalam mempertahankan penyediaan jasa dan transaksi.

Memang, pada abad ke-21, penggunaan aplikasi dan internet menjadi sesuatu yang biasa. Apalagi saat ini berbagai macam jenis transaksi dan jasa dibantu dengan aplikasi online. Namun di era new normal, akan ada lebih banyak startup yang bermunculan. 

Nantinya, di tahun 2021, diprediksi bahwa startup akan menjadi model ekonomi baru dan model bisnis yang normal.

Online Trust adalah Kunci

Saat awal penggunaan internet, banyak orang yang menganggap bahwa memberikan informasi pribadi ke sebuah platform internet yang bisa diakses oleh orang yang tidak dikenal merupakan hal yang mengerikan dan membahayakan.

Namun, tahun 2021 menjadi sebuah kesempatan terakhir bagi aplikasi dan website yang belum berhasil menjaga data penggunanya dengan baik. Apalagi jika pernah tersandung rumor kebocoran data. Sebab, saat ini banyak sekali aplikasi yang telah menjaga data penggunanya dengan baik seperti Facebook, Twitter, dan aplikasi lainnya.

Online trust merupakan kewajiban yang harus dipenuhi dan dijaga oleh seluruh produk yang berbasis online. Sebab di tahun 2021, social media, gaming, hingga aplikasi dating online sekalipun bisa menghasilkan trust yang menarik bagi generasi ke generasi berikutnya.

Trend Dunia Investasi untuk Pasar Generasi Milenial dan Z

Adanya pandemi COVID-19, banyak pekerja yang memilih remote working daripada harus datang ke kantor. Tren ini akan berlanjut lebih banyak lagi karena nantinya orang cenderung memilih bekerja remote dan mencari tempat tinggal sesuai bujet mereka.

Hal ini jelas akan berpengaruh pada pajak dan biaya kebutuhan hidup selanjutnya. Tentunya, kalau pajaktinggi dan biaya hidup juga mahal, maka hal ini secara nggak langsung akan ‘mengusir’ talenta-talenta terbaik dari pusat kota ke daerah-daerah yang mereka anggap lebih bersahabat.

Nantinya, seseorang bukan mencari tempat yang dekat dengan tempat kerja mereka, melainkan mencari tempat yang sesuai dengan bujet hidupnya, karena pekerjaan kan bisa dilakukan dari mana saja, termasuk dari rumah. 

Karena akan didominasi oleh generasi milenial dan gen Z, maka negara memang harus mulai memikirkan cara agar bisa menarik kembali mereka kembali ke pusat kota. Entah itu dengan cara memberikan layanan Kesehatan yang memadai sesuai pajak, memikirkan kebijakan untuk mendukung pendidikan dan pertumbuhan anak, hingga memikirkan bagaimana caranya sistem pendukung pemerintahan mudah diakses dengan teknologi yang dapat dijangkau oleh generasi milenial dan Gen Z untuk mendukung gaya hidup mereka.

Selain itu, para investor harus menyusun strategi khusus yang cocok dengan trend dari generasi milenial dan gen Z ini.

Nah, itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam dunia investasi tahun 2021. Era new normal akibat pandemic COVID-19 memang mengubah banyak perilaku dan kebiasaan banyak orang saat ini yang mulai beralih menggunakan digital. Para investor harus pintar-pintar mencari celah dan peluang yang baik untuk menghadapinya dengan petunjuk atau prediksi yang telah diuraikan di tahun 2021.