Mengenal Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia, Apa Saja?

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) merupakan salah satu kelompok lembaga yang punya peran penting dalam perkembangan ekonomi di Indonesia. Lembaga ini berperan sebagai penghimpun dana yang mengeluarkan surat berharga, lalu disalurkan pada masyarakat.

Dana tersebut biasa digunakan untuk membiayai investasi yang ada di berbagai perusahaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam sejarahnya, LKBB mulai berkembang sejak tahun 1972 untuk mendorong perkembangan pasar modal di Indonesia.

Lembaga Keuangan Bukan Bank ini termasuk legal di Indonesia karena diatur dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan No 38/MK/IV/1972. LKBB juga memiliki peran yang kurang lebih sama seperti bank, yaitu tempat untuk menyimpan uang, penyalur kredit, hingga menjadi perantara dan pembayaran.

Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank

LKBB memang memiliki banyak aktivitas keuangan yang jika dikembangkan dengan baik, maka bisa memberikan manfaat untuk berbagai sektor di Tanah Air. 

Ini dia fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia:

  • Pelaksana Kegiatan Keuangan. LKBB menjadi alternatif Lembaga keuangan yang harus sesuai dengan persetujuan Menteri Keuangan Indonesia. Kegiatannya diharapkan dapat mendorong pembangunan dan perkembangan perekonomian di Indonesia.
  • Penyedia Modal. LKBB mirip seperti bank yang menyediakan uang sebagai penyedia modal. LKBB juga memfasilitasi modal yang bisa diakses oleh perorangan untuk usaha kecil dan menengah hingga perusahaan swasta. Namun, tentu saja ada kebijakan dan syarat penyediaan modal dari tiap lembaganya.
  • Penyimpanan Uang. LKBB menjadi salah satu alternatif untuk menyimpan uang bagi orang yang tidak ingin membuka rekening bank atau sekedar ingin memisahkan uang saja untuk berbagai kepentingan. Sehingga, LKBB hadir untuk membantu masyarakat menabung dan mengatur keuangan.
  • Penyedia Kredit. Beberapa LKBB menyediakan jasa untuk membeli barang-barang tertentu berupa mobil, motor, handphone, laptop dan yang lainnya. Nantinya LKBB akan menyesuaikan kontrak kredit yang jelas di awal dengan mengetahui berapa jumlah yang perlu dicicil setiap bulannya dari barang yang akan dikredit yang disesuaikan dengan kesanggupan membayar. Namun, biasanya ada survey terlebih dahulu untuk disetujui atau tidaknya.
  • Pengadaan Pinjaman. LKBB membuka pengajuan pinjaman dengan jaminan. Sehingga, masyarakat dapat menjaminkan barang berharganya untuk dinilai dan kemudian dicairkan pinjamannya. Namun, pinjaman ini dikenai bunga dan denda apabila terlambat membayar. Pastikan telah membaca syarat dan ketentuannya secara seksama.


Lembaga Keuangan Bukan Bank yang Ada di Indonesia

Lembaga Keuangan Bukan Bank yang ada di Indonesia sebenarnya ada banyak sekali, namun beberapa di bawah ini lembaga yang dapat mudah ditemui dan sangat populer, yaitu:

1. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah LKBB yang cukup populer di tengah masyarakat. Koperasi ini biasanya memiliki daftar keanggotaan yang kemudian mengelola uang keanggotaan tersebut untuk berbagai aktivitas keuangan. Tujuannya dibentuk koperasi ini agar anggotanya sejahtera.

Contohnya yaitu. Koperasi Pasar, Koperasi Unit Daerah (KUD), dan KSU.

2. Asuransi

Asuransi merupakan LKBB yang menghimpun dana masyarakat dengan cara menarik premi berdasarkan jumlah yang telah disepakati di awal kontrak. Jumlah premi dan polis asuransi ini bisa berbeda-beda, tergantung dari kesepakatan awal antara pihak asuransi dan nasabah. Saat ini, ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang asuransi.

3. Pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu Lembaga BUMN yang bergerak dalam bidang penyaluran kredit menggunakan hukum gadai. Adanya Lembaga ini diharapkan masyarakat tidak terjebak dengan rentenir. Proses yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit di sini pun tidak lama. Akan tetapi tentu sesuai dengan hukum gadai atau ada barang yang harus dijadikan jaminan.

4. Perusahaan Dana Pensiun

Perusahaan atau lembaga tertentu yang bekerjasama dengan LKBB ini biasanya berfungsi untuk menyimpan dan menyisihkan sebagian gaji karyawan tiap bulannya untuk masa pensiun. Nanti, setelah karyawan tersebut memasuki masa pensiun, maka uangnya akan dikembalikan tiap bulan. Artinya perusahaan dana pensiun merupakan Lembaga yang menyediakan layanan tabungan jangka panjang.

Beberapa perusahaan dana pensiun yang ada di Indonesia diantara yaitu PT Taspen, BPJS Ketenagakerjaan, Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), PT Asabri, dan Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK).

5. Leasing

Leasing adalah LKBB multifinance atau pembiayaan keuangan yang menawarkan pembayaran kredit maupun cash untuk barang-barang tertentu. Sistem yang digunakan dengan cara pembelian secara angsuran yang digabungkan dengan kontrak sewa. Leasing ini menyediakan layanan untuk perorangan maupun perusahaan.

Lembaga leasing yang populer saat ini di antaranya PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, PT Astra Credit Companies (ACC), PT BFI Finance, PT Indomobil Indonesia, PT Federal International Finance (FIF), PT Indomobil Finance Indonesia.

6. Pasar Modal atau Bursa Efek

Pasar modal adalah salah satu LKBB yang berperan dalam memperdagangkan saham, obligasi, ekuitas, surat pengakuan utang, dan surat berharga lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun perusahaan secara resmi.

7. Modal Ventura

LKBB ini merupakan pembiayaan model obligasi, sehingga modal ventura menawarkan modal untuk perusahaan yang memiliki potensi besar. Umumnya, potensi bisnis ini diiringi dengan risiko yang cukup tinggi.

Demikianlah penjelasan mengenai Lembaga Keuangan Bukan Bank mulai dari fungsi hingga jenisnya yang ada di Indonesia. Banyaknya LKBB di Tanah Air, diharapkan masyarakat memiliki banyak pilihan untuk memajukan perekonomian, dalam skala mikro maupun makro. Pilihlah LKBB resmi yang telah diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar aman.