Ini Dia 8 Sektor Pekerjaan yang Diperkirakan Cepat Pulih Pasca COVID-19

Banyak sektor pekerjaan saat masa pandemi COVID-19 terpukul akibat menurunnya berbagai omzet dan jumlah pelanggan. Hal ini membuat banyak bidang usaha terpaksa harus gulung tikar lantaran tak mampu bertahan. Di sisi lain, ada pula beberapa usaha yang bisa beradaptasi dengan cepat mengubah strategi bisnisnya. Untuk mereka, akan ada kabar baik karena beberapa sektor usaha ini akan diprediksi cepat pulih pasca pandemi usai. 

Menurut para ahli, berdasarkan Biro Statistik Tenaga Kerja, BLS Occupational Outlook Handbook, beberapa sektor yang mampu bertahan ini diperkirakan akan berkembang pada tahun 2028 dengan besaran persentase mencapai 5%. Bahkan beberapa sektor lainnya juga ada yang diprediksi akan pulih lebih cepat di tahun 2021.

Berikut beberapa sektor pekerjaan yang diprediksi akan cepat pulih pasca COVID-19 berakhir.

1.Sektor Pekerjaan Jasa Pengiriman Barang dan Logistik

Sektor pekerjaan yang akan cepat pulih pertama adalah jasa pengiriman barang. Di dunia, pekerjaan ini tercatat mendapatkan gaji rata-rata sebesar 45.260 dolar AS atau setara dengan Rp674 juta per tahunnya pada tahun 2019.

Nantinya pada tahun 2028, diprediksi jasa pengiriman barang dan logistik ini akan meningkat sebesar 5 persen hingga mencapai 99.700 pekerja. Sedangkan untuk pekerja pada jasa pengiriman barang mencapai 1.958.00 orang di tahun 2018.

Tak bisa dimungkiri, di masa pandemi seperti saat ini, pekerjaan jasa barang memang yang paling mendapat berkah. Sebab, masyarakat banyak yang memilih untuk berbelanja online daripada harus berbelanja secara tatap muka atau mengunjungi langsung ke tokonya.

Jika hal ini terus terjadi, maka akan terbuka rantai pasokan yang lebih besar hingga terjadi kemungkinan naiknya permintaan pengemudi truk dan tenaga pengirim yang lebih besar lagi. Supir jasa pengiriman barang, rata-rata mendapat 32.020 dolar AS atau setara dengan Rp475 juta di tahun 2019.

Termasuk di dalam sini adalah sektor logistik seperti truk berat dan truk trailer. Sektor pekerjaan ini tercatat menerima gaji rata-rata sebesar 45.260 dolar AS atau setara dengan 674 juta per tahunnya di tahun 2019.

2.Sektor Olahraga dan Instruktur Kebugaran

Para ahli, memprediksi bahwa sektor pekerjaan sebagai instruktur kebugaran akan meningkat hingga 13 persen dengan jumlah pekerja mencapai 45. 700 orang di tahun 2028. Instruktur kebugaran rata-rata menerima gaji sekitar 40,390 dolar AS atau setara dengan Rp601 juta per tahunnya di tahun 2019.

Hal ini terjadi, lantaran sebagian besar orang sudah terbiasa berolahraga di rumah saat pandemi. Jadi, tak heran jika nanti layanan pelatihan kebugaran di gym-gym akan diminati banyak orang pasca pandemi selesai.

3.Sektor Perawatan Kesehatan

Sektor perawatan kesehatan mulai dari dokter, bidan, perawat, hingga ahli anestesi perawat diketahui mendapatkan gaji rata-rata sebesar 73,300 dolar AS atau setara dengan Rp1 miliar per tahunnya. Diperkirakan sektor ini akan mengalami pertumbuhan sekitar 12 hingga 32 persen pada tahun 2028.

Peningkatan praktisi perawat dan asisten dokter memang sudah meningkat sebelum COVID-19. Hal ini terjadi akibat perawatan kesehatan semakin populer di masa pandemi. National Academy of Medicine menjelaskan, bahwa pekerjaan perawatan kesehatan ini akan semakin populer, terutama telehealth dan teledentistry.

4.Sektor Pekerjaan Bidang IT

Sektor IT termasuk dalam sektor yang cepat pulih pasca COVID-19. Para pengembang perangkat lunak rata-rata mendapatkan gaji sebesar 105,590 dolar AS atau setara dengan Rp1,5 miliar per tahunnya pada 2018. Diprediksi akan terjadi pertumbuhan hingga 21 persen tahun 2028.

Saat ini bahkan hampir semua perusahaan IT mempertimbangkan WFH jika para pekerjanya mampu mempertahankan produktivitasnya selama pandemi. Selain itu, untuk mendukung berbagai pekerjaan bisa dilakukan di rumah, dibutuhkan dukungan dari layanan digital jarak jauh seperti perangkat lunak. Maka, dengan adanya hal tersebut, sektor pekerjaan di bidang IT tentunya akan terus meningkat.

5.Sektor Marketing

Sektor marketing masuk dalam prediksi pekerjaan yang akan cepat pulih setelah pandemic berakhir, mulai dari manajer promosi, periklanan, hingga pemasaran. Rata-rata didapatkan gaji sekitar 135, 900 atau Rp2 miliar per tahun di tahun 2019. Sektor ini diperkirakan akan mengalami kenaikan sebesar 8 persen pada tahun 2028.

Bahkan, sebelum adanya pandemic sektor pekerjaan marketing ini memang sudah tumbuh secara signifikan dan sejalan dengan banyaknya lowongan di bidang marketing. Sebab peran ini merupakan keahlian yang dibutuhkan banyak industri dan sektor bidang lainnya.

6.Sektor Pertanian

Berdasarkan Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance, sektor pertanian menjadi salah satu yang akan cepat pulih mulai tahun 2021.

Hal ini terjadi lantaran kebutuhan masyarakat terhadap pangan akan terus berlanjut dan tidak akan pernah berubah. Bahkan setelah adanya krisis, pemenuhan kebutuhan pangan akan semakin meningkat dan menjadi perhatian demi ketahanan pangan negara yang terjaga. Ditambah lagi dengan semakin sadarnya masyarakat akan kesehatan yang penting dimulai dari mengonsumsi nutrisi yang sehat. Hasil pertanian yang organik dan alami akan lebih diminati.

7.Sektor Pariwisata

Menurut National Tourism Organization (NTO), terjadi penurunan jumlah turis internasional ke ASEAN hingga mencapai 23 persen dalam kuartal I tahun 2020. Ya, sektor pariwisata merupakan sektor yang paling terpukul di masa pandemi ini.

Menurut Undersecretary Department of Tourism Filipina, negara Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, mengalami penurunan jumlah turis sebesar 23 hingga 25 persen.

Walaupun demikian, sektor pariwisata juga diprediksi menjadi sektor yang akan cepat pulih setelah pandemic berakhir. Jika pandemi usai, maka akan terjadi peningkatan kembali dalam sektor pekerjaan pariwisata. Sektor pariwisata juga menjadi sektor yang paling strategis karena dapat menggerakkan banyak sektor lainnya di bawahnya, seperti akomodasi, makanan dan minuman, hingga hiburan.

8.Sektor Perdagangan

Menurut Sri Mulyani, sektor perdagangan menjadi salah satu yang akan cepat pulih pasca pandemi Corona. Hal ini ditandai dengan mulai dibukanya sejumlah toko dan pusat perbelanjaan dengan segera. Sebelumnya, pertokoan dan mall memang sempat tertutup akibat demand dan kebijakan physical distancing.

Setelah pandemi usai, sektor perdagangan dari berskala kecil seperti warung, toko, hingga supermarket juga akan kembali mengalami peningkatan omzet. Hal ini tentu sejalan dengan bangkitnya kegiatan konsumsi masyarakat yang sudah rebound terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa sektor pekerjaan yang akan kembali pulih lebih cepat pasca pandemi berdasarkan prediksi dari para ahli. Bagaimana menurutmu?