Beli Mobil: Mending Baru atau Bekas?

Mobil bisa jadi termasuk barang kebutuhan di zaman sekarang ya, terutama demi kelancaran mobilitas keseharian kita. Selain memperlancar aktivitas kita sehari-hari, sudah pasti mobil lebih nyaman ketimbang kita naik transportasi umum. Karenanya, lantas banyak orang kepikiran untuk beli mobil.

Banyak orang ingin memiliki, juga karena status yang dibawa serta oleh mobil itu sendiri. Karena, kesuksesan orang masih dilihat dari merek mobil apa yang dimilikinya masih berlaku di mana-mana sampai sekarang.

So, enggak salah sih kalau kamu juga termasuk dari mereka yang pengin punya mobil. Di antara banyak pilihan merek mobil yang bisa kamu beli, muncul pula beberapa opsi, mending beli mobil baru atau bekas ya?

Selain pertimbangan kemampuan finansial diri sendiri, hal lain yang harus dipikirkan juga adalah kebutuhan.

Nah, ada yang masih bingung? Mari kita bahas, mending beli mobil baru atau bekas, dan segala untung ruginya di sini ya. Simak terus artikel ini sampai selesai.

Pertimbangan Beli Mobil: Baru atau Bekas?

1.Harga dan kredit

Harga mobil baru tentu saja jauh lebih tinggi daripada mobil bekas. Jadi, hal ini adalah pertimbangan utama yang harus kamu pikirkan pertama kali. Ukurlah sesuai kemampuan finansialmu.

Sekali lagi, jangan memaksakan diri. Adalah sangat baik jika kamu memikirkan kebutuhan yang lain di samping kebutuhan akan mobil yang harus kamu penuhi juga.

Kalaupun kamu memang pengin beli mobil baru dengan cara kredit, maka banyak juga hal-hal yang harus diketahui dan dipahami dulu, terutama terkait syarat kreditnya, dan juga kamu harus punya skema rencana pembayaran cicilan yang komprehensif. Supaya apa? Tentu saja, supaya cicilanmu lancar.

Beli mobil bekas, barangkali harganya bisa lebih terjangkau. Tinggal tergantung tahun keluarannya saja. Kalau baru beberapa tahun, misalnya 1 - 2 tahun, biasanya harganya tetap masih lumayan, tapi tentu enggak setinggi mobil baru yang gres--apalagi yang pakai inden. Mungkin ini bisa jadi salah satu opsimu untuk bisa mendapatkan mobil (agak) baru tapi dengan harga yang lebih bersahabat dengan keuanganmu.

Mau ambil kredit mobil bekas, sekarang juga banyak lembaga pembiayaan yang menyediakannya. Cari informasi syarat apa saja yang diperlukan, dan lengkapi semuanya. Karena harganya lebih murah, sehingga tentu saja kreditnya juga lebih ringan--baik dari segi bunga, besarnya cicilan, hingga syarat yang diperlukan.

So, semua kembali ke kemampuanmu. Pikirkan dengan saksama ya.

2.Kualitas

Beli mobil baru sudah pasti dijamin kualitasnya. Baru saja keluar dari pabrik ini, apalagi kalau mereknya memang merek yang sudah dikenal luas reputasinya. Biasanya, dari dealer dan bengkel resminya juga ada garansi sampai beberapa puluh ribu kilometer servis reguler gratis, karena memang kerusakan yang terjadi enggak akan yang parah-parah amat. Biasanya lagi, servis gratis ini bisa berlaku sampai 5 tahun pemakaian, dengan pemakaian yang biasa, hanya sekitar dalam kota.

Begitu usianya mencapai 5 tahun, nah, kamu harus siap dengan berbagai servis yang biasanya memang diperlukan oleh mobil pada umumnya, mulai dari accu, ganti spare part ini itu, sampai ganti ban.

Beli mobil bekas, kamu harus siap untuk segala macam servis ini lebih cepat, kurang dari 5 tahun. Kadang kita kan nggak bisa memastikan, seperti apa pemakaian mobil tersebut oleh pemilik sebelumnya, ya kan? Bagus kalau pemiliknya memang paham mobil dan sayang sama mobilnya. Ada juga pemilik yang cuma tahu pakai saja, tanpa berminat merawatnya dengan baik.

Kalau ketemu mantan pemilik mobil yang terakhir, ya siap-siap saja dengan berbagai perawatan ekstra yang mungkin diperlukan. Apalagi kalau tahun keluaran mobil juga sudah lebih dari 8 - 10 tahun. Sudah pasti, kamu harus menyediakan dana khusus untuk perawatannya setiap bulan.

Ajaklah seseorang yang paham mobil ketika kamu hendak membeli mobil bekas, jika kamu sendiri merasa kurang paham atau butuh diskusi lebih lanjut. Dengan demikian, kamu bisa memastikan kualitas mobil yang kamu ingin beli. Pastikan kondisinya baik dan terawat.

3.Asuransi

Untuk beli mobil baru--terutama dengan cara kredit--kamu akan butuh asuransi mobil juga dalam prosesnya. Bahkan, ini jadi syarat wajib. Karena itu, carilah informasi lebih banyak dan pahami cara kerja asuransi mobil. Karena, tanpa pemahaman yang baik, kamu bisa saja menganggap asuransi mobil ini cuma buang-buang duit, bahkan penipuan.

Pihak perusahaan asuransi juga akan menyeleksi secara ketat calon nasabahnya. Jika kamu beli mobil bekas, kondisi mobil juga akan menjadi salah satu pertimbangan penting bagi pihak perusahaan. Umumnya, pengajuan asuransi untuk mobil yang usianya sudah lebih dari 10 tahun akan sangat sulit diterima.

Jadi, kamu harus pertimbangkan juga mengenai hal ini ya.

4.Penggunaan dan surat-surat

Beli mobil baru, kamu mungkin harus menunggu 1 - 3 minggu untuk dapat menggunakannya dengan bebas di jalan raya, untuk kelengkapan surat-surat kendaraannya. Tetapi, ada juga dealer mobil yang bisa membantu membuat surat-surat sementara, karena mobil baru juga butuh dipakai dulu untuk menyesuaikan kondisi mesinnya. Hanya saja, biasanya belum bisa dipakai keluar kota.

Beli mobil bekas, kamu bisa langsung menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari. Bahkan, kamu bawa keluar kota juga enggak masalah, selama memang kelengkapan surat-suratnya sudah oke.

Untuk mobil baru, surat-surat kelengkapan ini biasanya bisa dibantu oleh dealer, jika kamu membeli mobil langsung ke dealer resminya. Tetapi, kalau kamu beli mobil secara kredit--baik bekas maupun baru, beberapa dokumen pentingnya akan ditahan dulu oleh lembaga pembiayaan yang memberimu pinjaman dana.

Untuk mobil bekas, kamu juga perlu mempertimbangkan bea balik namanya. Akan lebih baik jika kamu urus langsung, agar lebih mudah mengurus pajaknya di kemudian hari.

5.Harga jual kembali

Sudah tahu kan, bahwa harga jual kembali mobil itu bisa sangat rendah? Mobil baru saja bisa turun banget harganya, apalagi kalau posisinya sudah bekas ketika kamu beli. Kalau dijual lagi, sudah pasti harganya akan lebih merosot lagi.

Memang, harga jual mobil akan terus turun dari tahun ke tahun, seiring munculnya merek dan varian yang lebih baru--yang harganya semakin tinggi. So, jika niat beli mobil hanya keinginan sesaat, maka lebih baik memang dipertimbangkan lagi.

Nah, itu dia beberapa pertimbangan untuk beli mobil baru dan bekas. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang bisa menjadi pertimbangan kamu untuk memilihnya. Semuanya kembali pada kemampuan finansialmu dan juga kebutuhanmu.

FYI, baik beli mobil bekas atau baru, kredit atau tunai, sama-sama menuntutmu untuk menyediakan sejumlah dana dulu di depan. Jadi, pikirkanlah hal ini juga sebelum kamu memutuskan untuk beli mobil.