Bagaimana Cara Memulai Berinvestasi Saham? Berikut Ini Ulasannya

3 Like

Kali ini kami akan membagikan informasi penting seputar cara memulai berinvestasi saham untuk pemula. Tips ini sangat bermanfaat jika anda ingin mendapatkan keuntungan ketika bermain saham. Bisnis saham sekarang sudah menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Hal ini karena keuntungan yang didapatkan tidak sembarangan.

Meskipun begitu, untuk mendapatkan keuntungan tersebut ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Salah satunya adalah dengan mempelajari tips yang akan kami bagikan di bawah ini. Diharapkan setelah ini anda bisa lebih baham bagaimana cara bermain saham sehingga keuntungan akan terus mengalir kepada anda.

  1. Memahami apa itu investasi saham

Cara memulai berinvestasi saham yang pertama harus anda lakukan adalah pahami terlebih dahulu apa itu investasi saham. Banyak orang yang masih belum mengetahui esensi dari investasi saham sehingga mereka terburu-buru untuk terjun dan berharap langsung mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Padahal, jika anda benar-benar ingin bermain saham dan mendapat keuntungan, pelajari apa itu esensi dari investasi saham.

Selain itu, anda juga harus mengetahui resiko dari investasi saham yang anda jalankan. Memang setiap pekerjaan pasti memiliki resikonya masing-masing. Karena sekarang anda fokus pada permainan saham, ketahui juga resikonya agar anda bisa menghindarinya.

  1. Memilih perusahaan sekuritas

Perusahaan sekuritas mempunyai peran yang penting di dalam jual beli saham. Perusahaan sekuritas juga bermanfaat untuk membantu anda di dalam membuka rekening saham di BEI. Maka dari itu, penting sekali untuk memilih perusahaan sekuritas yang memang sudah terpercaya.

Yang harus anda lakukan adalah memilih perusahaan yang bukan hanya terdaftar di BEI saja melainkan pastikan perusahaan sekuritas yang anda pilih tersebut terkenal akan reputasinya yang bagus. Kemudian, anda juga harus memahami seperti apa biaya serta layanan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

  1. Memilih saham

Cara memulai berinvestasi saham juga harus memperhatikan di dalam memilh saham. Namun langkah ini hanya bisa anda lakukan ketika sebelumnya anda sudah mempunyai rekening saham. Lalu apa yang harus anda lakukan? Anda harus memilih perusahaan yang memiliki potensi keuntungan terbaik dengan resiko yang rendah. Apakah keuntungan terbaik harus selalu keuntungan yang besar? Untuk pemula sebaiknya lebih mengutamakan perusahaan yang menawarkan banyak keuntungan meskipun nominalnya tidak terlalu besar.

  1. Membeli saham

Cara memulai berinvestasi saham yang keempat adalah lakukan pembelian saham. Untuk mempermudah anda, sekarang sudah ada banyak broker terpercaya yang menawarkan pembelian saham. Anda juga bisa membelinya langsung melalui Sistem Trading Saham Online. Perusahaan sekuritas biasanya telah mempunyai sistem trading sendiri yang cukup anda download. Kemudian dari sini anda mulai mengetahui seperti apa pergerakan saham pada perusahaan.

  1. Memantau pasar

Cara terakhir yang harus diperhatikan bagi anda yang baru terjun di dunia pembelian saham adalah anda harus memantau kondisi pasar. Perdagangan saham atau trading saham sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, keamanan, politik, dan beberapa faktor lainnya. Anda sudah harus mulai memehami seperti apa fluktuasi harga saham.

Tujuannya adalah untuk memberikan keuntungan karena dari sini anda bisa tahu kapan waktu terbaik untuk menjual maupun membeli saham. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari resiko kerugian yang tentunya anda tidak ingin mengalaminya.

  1. Jangan mudah percaya informasi yang tidak jelas

Di dalam berinvestasi saham, informasi merupakan bagian yang sangat penting. Anda harus memperhatikan informasi valid dan jangan menjual atau membeli saham hanya bermodalkan kata-kata atau kabar yang masih belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Selain itu, di dalam belajar investasi saham, ada beberapa poin penting bagi anda yang hendak melakukan analisa saham, diantaranya:

  • Laporan keuangan: Laporan ini harus disampaikan setiap kuartal, tengah, atau akhir tahun yang di dalamnya berisi kondisi keuangan perusahaan.
  • Laporan tahunan: Laporan ini harus disampaikan setiap akhir tahun yang isinya berupa kajian komprehensif seputar bisnis, prospek, keuangan, maupun manajemen perusahaan.
  • Corporate action: Laporan ini berhubungan dengan corporate action perusahaan yang berdampak pada harga saham.
  • Public expose: Minimal setahun sekali, perusahaan memiliki kewajiban untuk mempersentasikan kepada masyarakat seputar perkembangan serta kinerja perusahaan.

Share It

Comments(0)

Leave a comment