Cara Beli Emas Antam Itu Mudah, Ikuti Langkah-Langkahnya Berikut Ini!

Banyak orang memilih untuk mulai investasi dari emas. Bukan pilihan yang salah kok, karena bagaimanapun profil risiko masing-masing harus menjadi pertimbangan utama dan pertama. Berinvestasi emas memang bisa jadi safe haven buat kita, apalagi hari-hari belakangan ini. Bahkan harga emas sempat tembus Rp1 juta. Tapi memang, tak sembarang emas bisa menjadi instrumen yang baik. Kita mesti tahu emas seperti apa yang seharusnya dibeli untuk menjadi instrumen investasi. Ya, pastinya mendingan beli emas Antam. Lalu, gimana cara beli emas Antam?

Nah, sampai di sini, ternyata ya ada yang masih bingung lagi. No worries, kita akan mengulasnya secara detail di sini.

Beli Emas Antam di Mana?

Sebenarnya ada banyak cara beli emas Antam ini, karena bisa dibeli di beberapa tempat. Meskipun demikian, kamu harus banget waspada, karena selalu saja ada orang bermaksud tidak baik yang berusaha memanfaatkan peluang. So, pastikan kamu hanya membeli emas Antam di tempat-tempat ini karena sudah pasti keasliannya.

1.Kantor Pegadaian

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi untuk membeli emas Antam adalah pegadaian. Di sini, kita bisa membeli emas dalam bentuk tunai (secara offline maupun online)--tetapi sayangnya hanya dilayani di kantor pusat, sedangkan di kantor-kantor cabang Pegadaian, pembelian hanya dilayani dengan cicilan melalui tabungan emas. Untuk buy back, Pegadaian dikenal lebih murah hati ketimbang tempat lain--termasuk PT. Antam sendiri, yang harga belinya 95%--karena mereka mau membeli sebesar 97% dari harga pasar.

2.Galeri 24

Galeri 24 merupakan perusahaan retail logam mulia, yang merupakan anak perusahaan Pegadaian. Di sini, kamu bisa membeli emas Antam yang bersertifikat. Nggak hanya dijual dalam bentuk batangan, Galeri 24 juga menyediakan emas dalam bentuk perhiasan serta berlian bersertifikat juga--meskipun kalau untuk tujuan investasi, beli emas dalam bentuk perhiasan sebenarnya tidak disarankan. Tetapi, mendatangi outlet Galeri 24 di daerahmu bisa menjadi salah satu alternatif cara beli emas Antam yang aman.

3.Toko emas

Kamu juga bisa membeli emas Antam di beberapa toko emas perhiasan yang ada di kotamu. Memang tidak semua toko emas menyediakannya, karenanya kamu perlu tahu, toko emas mana saja yang juga menjual emas produksi Antam ini. Pastikan ada sertifikatnya, dan kamu juga harus membekali diri dulu dengan pengetahuan harga emas yang wajar dan berlaku di pasaran. Emas Antam di toko emas barangkali akan lebih mahal, karena memang mereka pasti akan mengambil untung. So, kamu harus waspada, kalau mau ambil logam mulia di tempat ini.

4.Marketplace

Sekarang beberapa marketplace juga menyediakan fitur nabung emas di aplikasinya. Cukup praktis sih, bahkan bisa membuatmu menabung dan berinvestasi tanpa terasa, karena sembari belanja, kamu bisa juga sekalian belanja emas dengan nominal kecil melalui pembulatan-pembulatan nominal total belanjamu. Banyak orang terbukti lebih suka melakukannya dengan cara ini.

5.Kantor pusat dan butik emas

Kantor PT. Antam ada di Jakarta, kamu bisa membeli emas langsung di sini. Hanya saja, harganya lebih tinggi ketimbang kalau kamu beli di cabang atau unit bisnisnya.

Cabang dan butik emas Antam tersebar di sejumlah daerah, mulai dari Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Banjarmasin, Medan, Palembang, Makassar, hingga Bali. Carilah info di mana lokasi persisnya, dan datanglah untuk membeli emas batangan langsung di sana.

Nah, beli di butik emas Antam ini sangat mudah kok. Mari kita lihat.

Cara Beli Emas Antam di Butik Emas

Perlu kamu tahu, bahwa setiap hari transaksi emas pasti akan selalu terjadi, dan jumlahnya sangat besar. Dengan demikian, bisa saja kejadian, butik emas sampai kehabisan stok untuk hari-hari tertentu. Apalagi kayak sekarang kan, ketika kondisi ekonomi negara sedang tak menentu, semakin banyak investor mengalihkan dananya ke instrumen ini ketimbang bertambah risiko di pasar modal atau pasar uang.

Karenanya, ada baiknya kamu cek dulu ke butik emas, apakah mereka masih punya stok logam mulai hari ini. Carilah informasi nomor telepon butik emas di kotamu, dan hubungi mereka. Jika memang ada, maka kamu bisa langsung datang untuk membeli emas secara tunai.

1.Jangan lupa bawa identitas diri

Kalau ini pertama kalinya kamu membeli emas Antam, jangan sampai lupa untuk membawa beberapa dokumen pribadi, meliputi kartu identitas dan NPWP. 

Pembelian dengan NPWP akan dikenai pajak sebesar 0.45%, sedangkan bagi nonNPWP pajaknya akan lebih tinggi, yaitu 0.9%. So, jika kamu punya NPWP, pastikan untuk dibawa ya.

2.Langsung datang dan ambil nomor antrean

Jika kamu datang ke butik emas Antam, biasanya akan ada petugas yang langsung menyambut di depan pintu, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Mereka akan membantumu sesuai keperluan kamu datang ke sana. 

Ambil saja nomor antrean, dan menunggu sampai tiba giliran untuk bertransaksi.

3.Datang ke meja transaksi

Seperti halnya di bank ada customer service yang duduk di belakang meja untuk melayani kebutuhan nasabah, di butik emas Antam juga ada petugas yang akan melayani keinginan kamu untuk membeli emas.

Siapkan identitas dirimu, apalagi jika ini pertama kalinya kamu membeli emas di tempat tersebut. Jika kamu sudah pernah melakukannya, maka data diri sudah ada di database mereka, sehingga proses pencatatan ini bisa diskip.

Di sini, kamu bisa langsung mengutarakan mau beli emas berapa gram dan juga akan diberikan harga totalnya. Kamu bisa membayar secara tunai, dengan debit card, maupun credit card. Setelah proses pembayaran selesai, kamu akan diberikan faktur yang menjadi tanda bahwa kamu sudah membeli emas Antam sejumlah yang disepakati.

Semua proses ini akan dilayani dan diselesaikan dalam satu meja, so nggak usah khawatir ribet dan lama.

4.Ke loket penyerahan emas

Setelah proses transaksi selesai, kamu akan diarahkan ke loket penyerahan emas. Mungkin kamu akan menunggu sejenak sementara mereka menyiapkan emas batangan yang sudah kamu beli.

Selanjutnya, kamu akan dipanggil masuk ke bilik loket, di mana petugas akan menyerahkan emas batangan yang sudah kamu lunasi pembayarannya. Cek lagi kelengkapannya, terutama sertifikatnya. Cek juga emasnya, apakah sudah benar gramasinya.

Jika semua sudah lengkap, maka selesai sudah proses pembelian emas Antam ini. Mudah banget kan cara beli emas Antam di butik emas? 

Selain datang langsung, kamu juga bisa membeli emas Antam secara online di logammulia.com, yang merupakan toko online-nya PT. Antam. 

Dari situsnya, kamu bisa melakukan transaksi emas secara online, dan ada 2 cara untuk memperoleh barang fisiknya, yaitu dikirimkan melalui ekspedisi yang terpercaya, atau kamu datang untuk mengambilnya di butik emas terdekat. Cara mengambil di butik emas juga sama dengan cara beli emas Antam yang sudah dijabarkan di atas. Jangan lupa membawa identitas diri yang sama dengan yang dipakai untuk melakukan transaksi online, dan juga tanda bukti belinya. Kamu harus datang sendiri, dan tidak boleh diwakilkan.

Selain membeli emas, kamu juga bisa melakukan beberapa hal lain terkait investasi emas Antam. Kamu bisa jual kembali emas Antam di butik emas ini, juga bisa menyewa brankas untuk menyimpan emasmu. Tentu saja ada ongkos sewanya ya.

Nah, demikian cara beli emas Antam. Nggak ribet kan? Selamat berinvestasi!