7 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan dengan Modal Kecil Bahkan Nol

Jadi karyawan itu sebenarnya enak. Sudah ada kepastian bahwa setiap bulan kita akan menerima gaji sesuai pekerjaan yang kita lakukan. Tetapi, kadang memang gaji saja tidak cukup, apalagi jika kita punya tujuan keuangan yang besar. Karenanya, mestilah harus usaha ekstra. Peluang usaha sampingan untuk karyawan bisa jadi salah satunya.

Tidak butuh modal besar untuk bisa mulai usaha sampingan. Dengan modal kecil, bahkan nol pun, sebenarnya kita selalu bisa memulai bisnis. Yang harus diingat, karena ini adalah sampingan, maka jangan sampai mengganggu pekerjaan utama, bahkan kalau bisa sih malahan mendukung pekerjaan utama. Setidaknya, kita mesti mencari peluang usaha yang bisa dilakukan di luar jam kerja.

Mengapa sih karyawan perlu punya usaha sampingan?

Well, setidaknya kita bisa melihatnya begini. Saat ini, mungkin gaji memang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Tetapi, bagaimana dengan masa depan? Apakah dengan gaji sekarang sudah cukup tabungan untuk setelah pensiun nanti? Bagaimana nanti jika ada kebutuhan mendadak, dan nominalnya besar? Bagaimana dengan rumah?

Punya usaha sampingan yang sudah dirintis sejak kita masih berstatus karyawan ini banyak manfaatnya. Misalnya, saat pensiun nanti, bisa jadi bisnis inilah yang akan menjadi sumber penghidupan kita. Atau, tak usah terlalu jauh ke depan. Mungkin lima tahun lagi, kamu bahkan bisa menjadi pebisnis mandiri karena sudah merintis usaha sejak masih berstatus karyawan.

Lalu, jenis bisnis apa saja yang bisa menjadi peluang usaha sampingan untuk karyawan?

Ini dia 7 ide usaha sampingan untuk karyawan yang bisa dicoba

1.Katering makan siang

Ini bisa jadi salah satu peluang usaha sampingan untuk karyawan yang cukup menguntungkan loh, terutama jika kamu menjadikan teman-teman kantormu sebagai pelanggan. Apalagi di masa pandemi sekarang, akan lebih safe jika kita enggak makan dulu di tempat yang terlalu publik dulu, seperti di kantin atau di pantry. Sedangkan, enggak semua sempat atau bisa bawa bekal sendiri.

Tawarkan berbagai menu yang menarik dan berganti setiap harinya. Jangan lupa pastikan bergizi dan higienis cara memasaknya. Misalnya, hari ini kamu infokan menu untuk besok, lalu buka tawaran siapa saja yang pengin pesan untuk dibawa besok. Sesuaikan harga dengan kantong karyawan. Kalau bisa semurah makanan di kantin, pastinya akan laris.

2.Jualan kue/camilan

Jualan berbagai kue atau camilan juga bisa jadi peluang usaha sampingan untuk karyawan yang cukup menguntungkan. Kamu bisa menawarkannya pada teman-teman kantor, atau bisa juga menjualnya secara online.

Untuk beberapa jenis camilan, kamu tidak harus membuatnya sendiri. Misalnya saja, berbagai snack kering. Kamu bisa membeli kiloan, dan kemudian dikemas ulang menjadi beberapa kemasan kecil dan dijual eceran sesuai kemampuan target pasar. Temukan resource yang pas, dan pikirkan kemasan yang unik dan cantik, agar harganya bisa terkatrol.

Untuk beberapa jenis camilan basah, kamu bisa membuatnya sendiri jika memang punya kemampuan untuk itu. Misalnya saja, jual donat dengan berbagai pilihan topping yang kekinian. Temukan variasi topping yang menarik, dari warna hingga rasa. Atau, mungkin kamu hobi membuat bolen pisang, bolu gulung, bolu kukus, kroket, hingga puding? Semua juga bisa kamu jual dalam paket-paket kecil, dengan harga yang terjangkau.

3.Jual pulsa/kuota

Teman-teman di kantormu pasti juga butuh pulsa dan kuota untuk handphone mereka. Kamu bisa melayani kebutuhan ini dan menjadikannya peluang usaha yang lumayan menguntungkan, tanpa terlalu ribet.

Pastikan saja kamu punya handphone khusus untuk melayani kebutuhan ini. Jangan dijadikan satu dengan handphone yang kamu pakai untuk aktivitasmu sehari-hari ya. Hal ini perlu kamu lakukan, supaya bisa track langsung saldo yang keluar dan masuk dengan lebih mudah. Temukan juga tempat untuk topup saldo yang paling mudah untukmu.

Peluang ini sangat bisa jadi menguntungkan, apalagi jika kamu satu-satunya orang di kantor yang bisa menyediakan pulsa dan kuota bagi teman-temanmu. Nggak ada lawan.

4.Content creator

Zaman sekarang, banyak orang terbukti bisa sukses mendulang rupiah dengan menjadi content creator. Mulai jadi penulis, bloger, YouTuber, Instagramer, hingga TikToker. Ini juga peluang usaha sampingan untuk karyawan yang bagus juga loh. Kamu pernah mempertimbangkannya juga?

Tentu saja, tidak seperti kelihatannya, ada banyak kerja keras yang dibutuhkan untuk menjadi seorang content creator yang sukses dan akhirnya bisa mencapai kesuksesan di bidang ini. Yang pertama, temukan apa yang paling sesuai untuk kamu lakukan. 

Misalnya saja, untuk menjadi YouTuber, tentu kamu harus bisa membuat video-video yang unik dan menarik--baik dari sisi konsep, konten maupun dari cara pengemasannya. Satu video mungkin butuh waktu beberapa jam bahkan hari untuk mengerjakannya hingga hasilnya benar-benar layak tayang. Apakah kamu punya waktu yang cukup di tengah-tengah kesibukanmu sebagai karyawan? Apakah kamu punya resource yang cukup juga untuk memproduksi konten setiap hari atau minggu? Jika ya, maka tak ada salahnya kamu eksekusi segera. Begitu juga dengan menjadi Instagramer atau TikToker.

Untuk YouTube, kamu bisa saja mengharapkan penghasilan dari iklan monetasi video, pun bekerja sama dengan berbagai pihak untuk sponsored video. Begitu juga dengan blog, kamu juga bisa menyediakan slot iklan di homepage, juga menerima sponsored articles. Sponsored contents ini juga bisa kamu terima di Instagram atau TikTok. Pastikan saja, kamu memang punya jumlah followers yang signifikan.

5.Fotografer

Menjadi fotografer juga bisa jadi peluang usaha untuk karyawan yang cukup menjanjikan. Kamu bisa menjadi fotografer untuk mengabadikan momen-momen penting orang lain, bahkan untuk teman-temanmu di kantor juga.

Selain itu, tak menutup kemungkinan untukmu menjual foto-foto hasil jepretanmu ke situs-situs penyedia stok foto--misalnya seperti Shutterstock atau Getty Images--dan mendapatkan royalti dari penjualan hak pakainya. Jika objek-objek fotomu cukup unik, dan hasil foto juga cantik, sehingga banyak orang yang mengunduhnya, kamu bisa mendapatka royalti yang lumayan loh. Bisa jadi passive income yang gede juga tuh.

6.Online shop

Jualan barang secara online ini sepertinya sudah sangat umum dilakukan, dan bisa jadi peluang usaha sampingan untuk karyawan yang oke juga.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform online untuk memasarkan produk yang kamu jual, dari mulai media sosial hingga marketplace. Pastikan kamu punya foto-foto produk yang menarik, spesifikasi produk yang jelas, dan tawarkan pelayanan yang baik, seperti adanya garansi, packing yang kuat dan menjamin produk bisa sampai ke tangan pembeli dengan baik dan utuh, sampai bisa menerima dan mengelola komplain dengann baik pula.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa banyak pelanggan yang lebih suka berbelanja online di online shop yang adminnya ramah ketimbang beli di online shop yang adminnya galak meskipun lebih murah.

7.Toko kelontong

Punya toko kelontong, kalau kebetulan kita punya rumah sendiri, juga menjadi peluang usaha sampingan untuk karyawan yang sangat bisa dipertimbangkan. 

Untuk punya toko kelontong ini mungkin bakalan butuh modal yang lebih besar ketimbang keenam peluang usaha yang sudah dibahas sebelumnya di atas. Namun, tetap saja masih bisa dijangkau. Kamu bisa kulakan barang-barang yang memang dibutuhkan oleh tetangga-tetangga lebih dulu baru kemudian menambah stok sesuai kondisi ketika sudah berjalan dan modal sudah berkembang.

Pastikan saja, ada yang membantumu mengurus toko kelontong ini sementara kamu bekerja di kantor ya.

Nah, semoga ketujuh ide usaha sampingan untuk karyawan di atas sudah cukup memberimu ide untuk memulainya.

Ingat sekali lagi ya, karena ini adalah "sampingan", maka kamu harus memastikan bahwa aktivitas ini tidak mengganggu pekerjaan utamamu. Konyol banget, kalau kamu usaha sampingan tapi malah membuatmu jadi nggak fokus pada pekerjaan. Namun, boleh saja kalau suatu hari nanti, akhirnya kamu memutuskan untuk lebih fokus ke bisnis sampingan dan meninggalkan pekerjaan utamamu. Tentunya, kamu harus mempertimbangkan semuanya dengan saksama.

Sukses ya!