7 Ide Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil yang Bisa Juga Kamu Coba

Usaha atau bisnis kuliner itu nggak ada matinya. Orang akan selalu membutuhkan makanan, apa pun jenisnya. Apalagi kalau kamu mau usaha makanan unik, dengan modal kecil pun bisa, asalkan memang sangat unik dan belum ditemukan di mana pun. Dengan pertolongan media sosial dan sedikit keberuntungan (katakanlah, ada youtuber yang mereviewnya, atau masuk ke tiktok orang), maka usaha kamu bisa jadi viral.

Ya, inilah pergerakan bisnis di zaman sekarang. Sudah enggak melulu bergantung pada modal. Bahkan kalau mau dan kreatif, kamu juga bisa usaha modal kecil--atau bahkan tanpa modal, dan tetap untung besar.

Nah, kalau kamu memang pengin mulai usaha makanan unik dengan modal kecil, coba deh, mungkin beberapa ide bisnis berikut bisa jadi inspirasi. Tentunya, kamu harus menyesuaikannya dengan target pasar di sekitarmu ya, dan berinovasilah sekreatif mungkin. Ide berikut hanya ide dasar dan mentah, yang harus kamu olah lagi menjadi ide yang brilian.

7 Ide Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

1.Donat mini

Siapa yang nggak suka donat? Makanan ini, konon, asalnya dari Belanda, tapi sudah sangat dikenal di Indonesia sejak dulu kala. Mau donat yang dijual di kafe dengan topping yang lucu-lucu, sampai donat di pinggir jalan yang hanya diselimuti gula halus, semua juga laris dibeli.

Bentuknya khas, bulet dengan lubang di tengah. Tapi, semakin ke sini, bentuk dan toppingnya sangat bervariasi. Ada yang nggak pakai lubang, tapi diisi berbagai selai. Ada yang disate, ada yang kecil-kecil alias donat mini.

Jika kamu tertarik untuk menekuni usaha makanan unik dengan modal kecil, kamu bisa mulai dari membuat donat-donat mini. Adonan dasarnya sama saja dengan donat yang lain, tapi kamu harus kreatif dengan variasi topping. Temukan formula dan resep-resep khusus untuk menemukan topping yang unik.

Sebagai bagian untuk meng-upgrade value-nya, pikirkan juga kemasannya. Kemasan cantik, bisa memngatrol harga jual sedemikian rupa loh.

2.Cake in jar

Cake in jar awalnya dibuat untuk memperpanjang masa simpan kue meski tidak disimpan di dalam lemari es. Sesuai namanya, cake in jar adalah kue yang dimasukkan ke dalam stoples, atau mason jar.
Kemasannya praktis, kecil, sehingga banyak dibeli sebagai hadiah, oleh-oleh, atau mau dibawa sebagai bekal bepergian. Jenis cake yang biasanya dibuat sebagai cake in jar adalah jenis butter cake, karena teksturnya yang lembut, nggak kaku, dan rasanya enak, semua orang suka.

Ada beberapa cara untuk membuat cake in jar. Ada yang memang membuat loyang yang pas dengan stoplesnya, sehingga ketika kue selesai, dilepas dari loyang, lalu dimasukkan ke dalam stoples. Ada pula yang menyusun kue yang sudah jadi, yang diselang-seling dengan cream beraneka rasa dan warna. 

Dengan sedikit sense of art, kamu akan dapat menjadikan cake in jar sebuah usaha makanan unik modal kecil yang sukses, kalau bisa menyusun penampilannya sedemikian rupa. Pelanggan tinggal menggunakan sendok saja untuk menikmati kue buatanmu ini tanpa ribet.

3.Healthy juice

Bisnis jualan jus ini sebenarnya sudah bukan ide baru. Tapi, dengan munculnya tren gaya hidup yang lebih sehat--muncul gerakan mengonsumsi makanan raw, organik, dan sebagainya--bisnis jus bisa jadi peluang usaha makanan unik modal kecil yang menguntungkan.

Rahasianya, temukan resep jus yang unik dengan menggabungkan beberapa jenis buah atau sayur sekaligus, lalu temukan food science-nya. Sertakan food science ini pada kemasan, atau bisa juga menjadi bahan untuk konten promosi di media sosial. Uraikan fakta-fakta kesehatan bahan-bahan yang kamu pakai, jelaskan komposisinya.

Kalau kamu bisa meyakinkan pelanggan, bahwa jus yang kamu jual benar-benar sehat dan penuh nutrisi, kamu bisa jadi langganan banyak orang.

4.Boba

Boba juga memiliki penggemar tersendiri. Rasa boba yang bisa sangat bervariasi juga memungkinkanmu untuk berinovasi lebih luas. Temukan resep-resep yang bisa menciptakan rasa baru yang belum pernah ada. Mix and match bahan satu dengan yang lain, lalu tawarkan dalam kemasan yang menarik.

Bekerja samalah dengan aplikasi ojek online, agar jangkauan pasar menjadi lebih luas. Kalau memang perlu, investasilah pada counter portable yang memungkinkanmu menggelar lapak di pinggir jalan yang ramai. Syukur-syukur, bisa dekat perkantoran.

5.Bolu kukus karakter

Bolu kukus ini termasuk kue tradisional, bentuknya sih biasanya kayak cupcake dan merekah di bagian atas. Teksturnya ringan dan lembut, bikin banyak orang menyukai jajanan ini. Nah, bolu kukus karakter ini bagian atasnya enggak merekah, tetapi disebut “gundul”, sehingga bisa digambari karakter-karakter komik yang disukai anak-anak hingga orang dewasa. Misalnya saja Minion, Boboi Boy, Ipin Upin, Hello Kitty, Doraemon, dan sebagainya.

Yang kayak gini, biasanya laris dibeli sebagai jajanan anak-anak, meski banyak juga sih orang dewasa yang juga suka.

Butuh keterampilan untuk bisa “melukis” karakter di atas bolu kukus ini. Jika kamu memang punya keterampilan ini--atau ada seseorang yang bisa kamu ajak kerja sama untuk melukis di atas bolu kukus ini--peluang usaha makanan unik dengan modal kecil ini bisa kamu coba.

Stay updated dengan karakter-karakter yang disukai, lalu ciptakan karakter-karakter itu di atas bolu kukus kamu. Kamu juga bisa memvariasikan berbagai isian sebagai tambahan.

6.Cokelat

Kalau kamu mau bisnis cokelat, maka target pasarmu adalah kaum hawa, mayoritas. Bisa juga sih para adam, tapi biasanya mereka beli juga buat cewe-cewe. Biasanya sih begitu. Ada juga yang luar biasa. Cokelat impor sekarang ada banyak, dan cukup kompetitif. Tapi, penikmat cokelat kayaknya enggak peduli sih impor sama buatan dalam negeri, yang penting enak dan ramah di kantong mereka. Yang terakhir cukup relatif sih, karenanya, penting untukmu melakukan riset pasar dulu, agar kamu bisa menyesuaikan harga jual dengan target marketmu nanti.

Cokelat juga mudah banget divariasikan. Mau dicetak bentuk apa pun bisa, pun dengan rasa, sepertinya cocok saja dipadukan dengan berbagai macam rasa.

Pelajari serba-serbi cokelat, mulai dari pemilihan bahan baku, jenis-jenisnya, manfaat, hingga kandungan gizinya. Ini penting agar kamu bisa menghasilkan produk cokelat yang berkualitas.

Usahakan dalam setahun, kamu bisa meluncurkan 2 - 3 bentuk atau rasa unik yang baru dan berbeda, agar minat calon pembeli meningkat.

7.Makanan Kekoreaan

Segala hal yang berbau Korea laris manis belakangan ini. Kamu juga bisa memanfaatkan peluang ini untuk usaha makanan unik dengan modal kecil, dengan berjualan beberapa jajanan khas Korea.

Misalnya saja, yang mudah, Patbingsu. Es buah khas Korea ini banyak digemari, karena segar banget diminum di hari panas. Rasanya unik, dan bikin ketagihan. Jenis makanan Korea lain yang juga bisa kamu coba adalah corndog. Cara membuatnya juga gampang. Jangan lupa tambahkan berbagai perasa dan topping yang bikin pelanggan ngiler.

Nah, sepertinya sudah cukup banyak ide usaha makanan unik dengan modal kecil yang bisa kamu eksplor dari sini. Semoga sukses ya!